REPRESENTASI IDENTITAS REMAJA PEREMPUAN INDONESIA DALAM MAJALAH GOGIRL!

IRENE KRISTINA, 071015053 (2014) REPRESENTASI IDENTITAS REMAJA PEREMPUAN INDONESIA DALAM MAJALAH GOGIRL! Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kristinair-30547-6.abstr-k.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai representasi remaja perempuan di media massa, khususnya majalah remaja Gogirl!. Studi ini memiliki signifikansi dikarenakan majalah remaja dalam perkembangannya mengalami berbagai pergeseran, baik dari segi content maupun dalam mengonstruksi remaja, khususnya subkultur remaja perempuan Indonesia. Konstruksi media akan identitas remaja perempuan sedikit banyak telah dipengaruhi oleh budaya-budaya dari luar yang silih berganti. Konsekuensinya, remaja perempuan yang berada pada masa peralihan menuju dewasa mengalami kegamangan akan identitas dan jati dirinya. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengidentifikasi makna yang terkandung di balik teks dalam majalah Gogirl! yang merepresentasikan identitas remaja perempuan Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis tekstual discourse. Penelitian ini dilakukan dengan menarasikan teks yang relevan dengan topik penelitian yang diangkat. Teks bisa berupa kata-kata, kalimat, foto atau gambar pendukung.Teks tersebut dianalisis untuk mengetahui makna terkait dengan konteks sosial dan budaya masyarakat Indonesia. Tinjauan pustaka yang digunakan identitas remaja perempuan, potret remaja perempuan Indonesia, studi representasi dalam culture studies, konstruksi remaja perempuan dalam media massa, dan discourse analysis. Hasil analisis yang telah dilakukan peneliti mengenai representasi remaja perempuan Indonesia adalah pertama, identitas sosial remaja perempuan dicitrakan sebagai seorang pemimpin yang mandiri, berprestasi, pemelihara hubungan. Kedua, identitas fisik yang dikonstruk adalah remaja perkotaan menengah dan menengah atas, berwajah indo. Ketiga, identitas personal yang dimunculkan adalah pribadi pribadi yang dewasa dan pantang menyerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.35/14 Kri r
Uncontrolled Keywords: REPRESENTASI
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
IRENE KRISTINA, 071015053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16580
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item