WACANA GAY DALAM SKENARIO FILM ARISAN!

NAHDLIYAH RAHMAWATI, 070810449 (2014) WACANA GAY DALAM SKENARIO FILM ARISAN! Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-rahmawatin-30554-6.abstr-k.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kritis terhadap skenario film Arisan! yang mewacanakan gay. Skenario yang menjadi tahapan paling awal dalam pembuatan sebuah film, merupakan media bagi penulis skenario untuk menyampaikan ideologinya kepada khalayak. Peneliti berasumsi bahwa gay dalam skenario Arisan! dianggap sebagai bentuk ideologi yang ingin disampaikan kepada khalayak. Gay dalam perfilman Indonesia ditampilkan dengan gambaran yang bermacam-macam dan dengan porsi cerita yang bervariasi pula. Pergolakan dinamika kaum gay yang biasanya menjadi tabu di Indonesia, berani diangkat oleh sang penulis skenario Arisan! dibalut dengan nuansa persahabatan. Joko Anwar dan Nia Dinata sebagai penulis tidak takut untuk memberi porsi yang besar tentang kaum gay. Proses identifikasi gay dalam Arisan! sebagai sebuah pembaharuan atau kewajaran, ditambah dengan semangat high class ala Jakarta di dalamnya. Hasil penelitian adalah gay dalam kaum elite sosialita digambarkan penulis skenario sebagai identitas yang umum dan tidak diskriminatif. Gay yang bisa diterima semua kalangan dan tidak perlu disembunyikan. Karakterisasi Sakti dan Nino digambarkan sebagai laki-laki dengan tipologi fisik tinggi besar, putih, bersih. Tipologi psikis mereka layaknya laki-laki normal lainnya, tidak kemayu, jantan, gesture dan tutur bahasanya seperti laki-laki pada umumnya. Latar belakang Sakti dan Nino berasal dari keluarga berada dan tingkat pendidikan yang tinggi. Sakti dari kalangan Batak yang bekerja sebagai arsitektur, sementara Nino berasal dari Jakarta dan berprofesi sebagai produser film. Dalam skenario Arisan!, peneliti melihat adanya transformasi karakter penulis skenario kepada karakter di skenario. Joko Anwar mentransformasikan beberapa karakternya ke dalam krakter Nino. Dibuktikan dengan bentuk tipologi fisik Nino yang berbadan tinggi besar, mirip dengan tipologi fisik Joko. Selanjutnya, profesi Nino sebagai produser film yang suka menulis skenario tentang gay. Dan pada dialog Nino yang menyebutkan bahwa dia mempunyai kenario yang berjudul Andri dan Haryo Terus Berdansa yang merupakan judul skenario yang telah ditulis Joko dan belum diproduksi. Hal ini membuktikan adanya kepentingan dan penanaman ideologi pengguna bahasa kepada pemikiran khalayak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.39/14 Rah w
Uncontrolled Keywords: FILM
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1449 Gay men. Lesbians
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
NAHDLIYAH RAHMAWATI, 070810449UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI.G.A.K. Satrya Wibawa, S.Sos., M.CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16584
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item