Strategi Integrated Marketing Communications Dalam Reposisi Perusahaan Freight Forwarding (Studi Kasus Pada CV. Khatulistiwa International Cargo Surabaya)

Laksita Putri Kusumaningayu, 070810022 (2014) Strategi Integrated Marketing Communications Dalam Reposisi Perusahaan Freight Forwarding (Studi Kasus Pada CV. Khatulistiwa International Cargo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kusumaning-30558-6.abstr-k.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah strategi integrated marketing communications (IMC) dari CV. Khatulistiwa International Cargo (KIC), perusahaan freight forwarding di Surabaya yang mengalami reposisi berupa peralihan jasa yang semula berupa pengiriman internasional, kini berubah menjadi pengiriman domestik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) yang diterapkan oleh CV. KIC dalam reposisi perusahaannya dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menyajikan penelitian ini. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah individu yang merupakan pelaku usaha CV. Khatulistiwa International Cargo, yang kemudian memberikan informasi – informasi yang terkait dengan penelitian. Untuk narasumber, yang dipilih adalah yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan penelitian (purposive). Dalam arti bahwa narasumber tersebut mengarah pada pelaku perusahaan CV. KIC yang memahami situasi perusahaan sejak awal berdiri dan terlibat langsung dalam pelaksanaan strategi IMC. Maka, narasumber yang dimaksudkan adalah direktur utama, general manager, dan marketing dari CV. KIC. Dari temuan data yang telah diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa strategi Integrated Marketing Communications (IMC) yang diterapkan oleh CV. Khatulistiwa Internasional Cargo (KIC) dalam reposisinya adalah dengan memadukan beberapa bentuk promosi namun dengan satu tujuan yang sama, yaitu memperkenalkan dan menegaskan kepada khalayak luas bahwa perusahaannya telah beralih jasa menjadi pengiriman domestik. Beberapa bentuk promosi yang diterapkan untuk mewujudkan tujuan tersebut antara lain adalah word of mouth, direct marketing, personal selling, sales promotion, dan public relations. Untuk mengkomunikasikan dan mengukuhkan posisi barunya di benak konsumen, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang seperti CV. KIC ini menggunakan integrasi dari bentuk-bentuk promosi yang secara garis besar berbasis hubungan personal. Hal itu dikarenakan oleh segmen dan target market yang terbatas pada golongan-golongan tertentu (pihak yang membutuhkan jasa pengiriman) sehingga konektifitas antara pihak freight forwarder dan shipper menjadi suatu fokus dari perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.43/14 Kus s
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Laksita Putri Kusumaningayu, 070810022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNurul Ratna Sari, S.IP., M. Comms.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 10:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16588
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item