FAN CULTURE DALAM SUEGELE LEK FANS CLUB (STUDI PARTICIPATORY CULTURE DALAM SUEGELE LEK FANS CLUB - RADIO SUZANA FM SURABAYA)

Sinta Mustikaningtyas, 070710349 (2014) FAN CULTURE DALAM SUEGELE LEK FANS CLUB (STUDI PARTICIPATORY CULTURE DALAM SUEGELE LEK FANS CLUB - RADIO SUZANA FM SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-mustikanin-30560-7.abstr-k.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Suegele Lek Radio Suzana Surabaya merupakan salah satu program radio lama yang sejak tahun 2000 sampai saat ini tidak pernah merubah format siarannya tapi masih mampu menarik antusiasme fans. Kecintaan terhadap Suegele Lek ini menginspirasi para penggemar untuk membentuk Suegele Lek Fans Club(SLFC) yang saat ini beranggotakan lebih dari 2000 orang. Fokus penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana praktik participatory culture yang terjadi dalam Suegele Lek Fans Club. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif dan mengambil anggota Suegele Lek Fans Club baik di grup Facebook maupun kopi darat sebagai sasaran penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan dengan pegamatan, dokumentasi dan wawancara in-depth dan terbuka untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa participatory culture yang dilakukan anggota SLFC berupa partisipasi aktif secara online di grup SLFC, yaitu mencuatkan pikiran dan karya mereka ke ranah publik (grup facebook) sehingga dapat ditanggapi oleh fans lain, memberikan informal mentoring bagi fans baru untuk bersama-sama mengenal teks di antara sesama member SLFC, serta berelasi, berinteraksi dan berbagi dengan fans lain yang memiliki ketertarikanterhadap teks yang sama. Mereka juga berusaha mendekat pada idola dan menyampaikan aspirasi terhadap pemilik industri media. SLFC juga berpartisipasi secara aktif dalam siaran on-air dimana mereka memiliki power untuk berperan serta dalam memproduksi teks dan mempengaruhi official producer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.45/14 Mus f
Uncontrolled Keywords: CULTURE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Sinta Mustikaningtyas, 070710349UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra., M.Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 11:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16590
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item