KOMODIFIKASI LIGA BASKET MELALUI TEKS PEMBERITAAN OLEH MEDIA CETAK (ANALISIS WACANA KRITIS PEMBERITAAN DEVELOPMENT BASKETBALL LEAGUE 2013 OLEH JAWA POS)

RIZA ROIDILA MUFTI, 071015063 (2014) KOMODIFIKASI LIGA BASKET MELALUI TEKS PEMBERITAAN OLEH MEDIA CETAK (ANALISIS WACANA KRITIS PEMBERITAAN DEVELOPMENT BASKETBALL LEAGUE 2013 OLEH JAWA POS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-muftirizar-30563-6.abstr-k.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16593.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai liga basket terbesar di Indonesia menurut Museum Rekor Indonesia (MURI), Development Basketball League (DBL) memiliki potensi bisnis tinggi di industri olahraga Indonesia. Selain didukung sektor sponsorship, banyaknya penonton berbayar yang menyaksikan DBL setiap tahun hingga mencapai 616.052 pada 2012 (Jawa Pos 2013), membuktikan DBLmenjadi komoditas ekonomi yang menjanjikan. Hal itu semakin didukung karena DBL juga menggandeng Jawa Pos sebagai media partner untuk kegiatan publikasi yang membuat liga basket ini semakin populer. Menariknya, DBL dan Jawa Pos berada dalam naungan kepemilikan yang sama (Jawa Pos Group). Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana teks pemberitaan Jawa Pos menjadi salah satu instrumen komodifikasi penyelenggaraan DBL berikut bentuk-bentuk komodifikasi yang terjadi lewat teks pemberitaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis wacana kritis milik Norman Fairclough. Selain dianalisis secara mikro dengan memperhitungkan faktor linguistic,teks juga dianalisis secara makro dengan memperhitungkan konteks dimana teks dibuat. Analisis secara makro diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak redaksional Jawa Pos dan PT. DBL Indonesia.Hasil penelitian menujukkan bahwa teks pemberitaan DBL dikonstruksi sesuai dengan kepentingan DBL, termasuk untuk mencapai tujuan ekonomi DBL. Teks pemberitaan dimanfaatkan untuk menarik, memprovokasi suporter untuk memaksimalkan pendapatan dari sektor tiket. Teks berita juga digunakansebagai bentuk privilege bagi pihak sponsor dengan alasan untuk cost efficiency. Adapun komodifikasi yang terjadi lewat teks adalah komodifikasi isi, khalayak, komodifikasi immanent dan komodifikasi pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.48/14 Muf k
Uncontrolled Keywords: MEDIA CETAK
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RIZA ROIDILA MUFTI, 071015063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.G.A.K. Satrya Wibawa, S.Sos., MCA.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 19:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item