Politik Internet: Fungsi Internet (Website dan Jejaring Sosial Online) Dalam Kampanye Pemilihan Anggota DPRD Kota Surabaya

INDAH NUR LAELI, 071013011 (2014) Politik Internet: Fungsi Internet (Website dan Jejaring Sosial Online) Dalam Kampanye Pemilihan Anggota DPRD Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-laeliindah-30594-5.abstr-i.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan adanya perkembangan teknologi, mengakibatkan munculnya suatu masyarakat jaringan yang beraktifitas di ruang yang bebas, terbuka, tanpa batas, dan berbasis digital. Hal ini yang menyebabkan internet dijadikan salah satu media kampanye baru dalam ruang politik. Media baru ini dianggap dapat menciptakan suatu pencitraan sang politisi, usaha ini dilakukan guna membuka komunikasi yang lebih efektif dengan publik. Sifat internet yang mengutamakan kecepatan dan keterbukaan dalam penyebaran informasi, dirasa sanggup untuk menciptakan suasana kampanye yang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa yang menyebabkan Hani Fidyanto memilih internet sebagai media kampanyenya;(2) Bagaimana variasi isi pesan dan pengaturan tempo kampanye politik melalui internet (website dan jejaring sosial online Facebook, twitter). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan tujuan dari adanya penggunaan internet sebagai media kampanye dalam pemilihan DPRD Kota Surabaya. Tidak hanya tujuan dari penggunaan internet saja, akan tetapi penelitian ini lebih jauh lagi akan membahas bagaimana penyajian pesan dan tingkat interaktif di dalam media kampanye tersebut. Teori dan konsep yang digunakan adalah teori dan konsep komunikasi kekuasan, masyarakat jaringan, konstestasi politik, jejaring sosial online, pemilihan anggota DPRD Kota Surabaya, dan internet. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan internet sebagai hasil dari perkembangan teknologi di abad 21 melahirkan suatu masyarakat jaringan yang lebih banyak melakukan aktifitasnya di ruang berbasis digital ini. hal itulah yang menyebabkan aktor politik merasa perlu untuk melakukan kampanye politik di internet. Adapun penyampaian pesan dalam kampanye Hani Fidyanto memiliki kecenderungan pada pesan berbentuk gambar. Untuk itu penelitian ini merekomendasikan agar penggunaan internet sebagai media kampanye nantinya akan dieksplor lebih dalam lagi, guna menciptakan suatu pendidikan politik yang nantinya akan menciptakan tatanan politik yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.18/14 Lae p
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION
Subjects: J Political Science
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
INDAH NUR LAELI, 071013011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryadi, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 02:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item