KOMUNIKASI POLITIK KARSA MUDA JATIM TERHADAP PEMILIH MUDA PADA PEMILUKADA JAWA TIMUR TAHUN 2013

DEA WINNIE PERTIWI, 071013087 (2014) KOMUNIKASI POLITIK KARSA MUDA JATIM TERHADAP PEMILIH MUDA PADA PEMILUKADA JAWA TIMUR TAHUN 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-pertiwidea-30611-11.abst-k.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan komunikasi politik Karsa Muda Jatim terhadap pemilih muda dalam pemilukada di Jawa Timur tahun 2013. Tujuannya adalah mendeskripsikan bentuk komunikasi politik, pesan politik dan umpan balik atau efek dari komunikasi politik tersebut. Pemilih muda cenderung bersikap apatis dan apolitis. Melihat semakin buruknya perpolitikkan di Indonesia membuat anak muda di Jawa Timur bersikap kritis dan sinis dalam melihat event pemilu atau pemilukada sebagai bagian dari kaderisasi bibit koruptor baru bagi pejabat-pejabat yang terpilih tersebut. Dari kecenderungan tersebut, tidaklah mengherankan jika potensi munculnya golongan putih (golput) semakin tinggi seperti yang terjadi pada pemilukada Jawa Timur tahun 2008 lalu. Karsa Muda Jatim yang merupakan sayap pendukung pasangan incumbent dari jejaring anak muda memerlukan komunikasi politik yang tepat untuk merayu dan meyakinkan kalangan muda untuk berpartisipasi dalam pemilukada dan menetapkan pilihannya. Melalui pendekatan kualitatif yang didukung oleh teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, maka penelitian ini berusaha menampilkan data yang bersifat deskriptif. Sedangkan teknik pengambilan informan dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bentuk komunikasi politik yang dijalankan Karsa Muda Jatim adalah : Pertama, komunikasi kontak langsung yang terdiri dari kampanye flashmob dan diskusi santai. Kedua, komunikasi tidak langsung melalui media cetak dan media internet yang merupakan cara yang tepat dalam menyampaikan substansi yang dimaksud karena dilakukan secara komunikatif. Komunikasi politik pada akhirnya akan menghasilkan umpan balik dari proses komunikasi politik yang terjadi. Dari penelitian ini efek yang terjadi berupa respon yang didapat dari para anak-anak muda dalam menanggapi pesan, bahasa maupun simbol-simbol yang disampaikan oleh Karsa Muda Jatim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.29/14 Per k
Uncontrolled Keywords: POLITIK COMMUNICATION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ799.5-799.9 Young men and women
J Political Science
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
DEA WINNIE PERTIWI, 071013087UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPriyatmoko, Drs., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 06:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16617
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item