EVALUASI PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR NOMOR 4 TAHUN 2012 TENTANG PENGENDALIAN KELEBIHAN MUATAN ANGKUTAN BARANG DI JEMBATAN TIMBANG MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

Wildan Taufik Raharja, 071111023 (2015) EVALUASI PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR NOMOR 4 TAHUN 2012 TENTANG PENGENDALIAN KELEBIHAN MUATAN ANGKUTAN BARANG DI JEMBATAN TIMBANG MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-raharjawil-37531-7.abstr-k.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan pengendalian kelebihan angkutan muatan barang memiliki peran yang penting dalam keselamatan dan keamanan berkendara di jalan raya. Kebijakan ini dimaksudkan untuk melindungi keselamatan pengemudi, pemakai jalan lain, muatan yang diangkut dan mobil barang serta percepatan kerusakan umur jalan. Pelanggaran kelebihan muatan di Jembatan Timbang meningkat dari tahun ke tahun, selain itu beberapa media sedang menyoroti pelaksanaan kebijakan ini dengan pemberitaan yang negatif seperti adanya praktek pungutan liar. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap kebijakan tersebut dengan menggunakan kriteria evaluasi kebijakan publik yaitu efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan pengendalian kelebihan muatan angkutan barang di Jembatan Timbang Mojoagung. Dengan berdasarkan permasalahan penelitian tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan secara purposive,. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil temuan data menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan pengendalian kelebihan muatan angkutan barang di Jembatan Timbang Mojoagung dengan analisis dari kriteria efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas,dan ketepatan dinilai belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kendaraan muatan angkut barang yang melanggar kelebihan muatan semakin meningkat dan beberapa program kebijakan belum dapat direalisasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 33/15 Rah r
Uncontrolled Keywords: EVALUATION POLICY
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
K Law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Wildan Taufik Raharja, 071111023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2015 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 02:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16628
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item