STUDI DESKRIPTIF TENTANG EFEKTIFITAS PENGAWASAN PERIZINAN REKLAME DI KOTA SURABAYA

AGNESIA MARGARETHA GUNAWAN, 071111025 (2015) STUDI DESKRIPTIF TENTANG EFEKTIFITAS PENGAWASAN PERIZINAN REKLAME DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-gunawanagn-37532-9.abstr-k.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengawasan reklame merupakan upaya untuk memastikan apakah penyelenggaraan reklame di lapangan sesuai dengan izin reklame yang diberikan dan menemukan adanya penyimpangan berupa pelanggaran reklame tidak berizin, ukuran dan lokasi reklame tidak sesuai izin yang diperbolehkan, reklame berdiri pada rumija dan sebagainya, untuk dilakukan tindakan korektif berupa penertiban reklame. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa reklame tak berizin banyak ditemui pada hampir seluruh titik di kota Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari data Satpol PP Kota Surabaya yang menunjukkan jumlah penertiban reklame tak berizin terus meningkat setiap tahunnya, yaitu sebanyak 13.482 reklame pada tahun 2012, 16.925 reklame pada tahun 2013 dan 19.989 reklame pada tahun 2014. Sehingga, fakta tersebut menunjukkan adanya permasalahan terkait pengawasan perizinan reklame di kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai efektifitas pengawasan perizinan reklame di kota Surabaya. Surabaya dipilih menjadi lokus dalam penelitian ini karena Surabaya merupakan kota besar sebagai pusat perekonomian di Jawa Timur yang memiliki kurang lebih dua puluh ribu titik reklame di sepanjang jalan dan kawasan umum di Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive yang dilanjutkan dengan snowball. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawasan izin reklame yang dilakukan masih belum efektif. Hal ini dikarenakan jumlah SDM yang tersedia belum memadai, kualitas dan kuantitas peralatan pengawasan yang belum memadai dan intensitas pengawasan yang masih belum merata dilakukan pada seluruh kawasan di kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 34/15 Gun s
Uncontrolled Keywords: REKLAME - LICENSING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
AGNESIA MARGARETHA GUNAWAN, 071111025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2015 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16629
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item