PENGUJIAN SISTEM TERINTEGRASI SERVQUAL, LEAN, DAN SIX SIGMA UNTUK RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN (STUDI KASUS: SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA)

LUGAR HERSAPUTRA, 040710158 (2013) PENGUJIAN SISTEM TERINTEGRASI SERVQUAL, LEAN, DAN SIX SIGMA UNTUK RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN (STUDI KASUS: SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-hersaputra-22102-5.abstr-i.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan dan Permintaan kualitas pendidikan di Indonesia yang kian hari kian meningkat menuntut tiap-tiap institusi untuk turut memperbaiki kinerjanya demi kelangsungan hidup institusi tersebut. Menyikapi Hal tersebut, penulis menggunakan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai tolok ukur institusi pendidikan yang mempunyai kualitas terakreditasi A. Penelitian ini dilakukan di dua perspektif perusahaan yaitu eksternal (siswa) dan internal (staf sekolah). Dengan mengintegrasikan servqual, lean, dan six sigma, maka ditemukanlah gap terbobot tertinggi dari hasil voice of customer dan setelah itu dilakukan pengintegrasian melalui kuesioner lanjutan yang diberikan kepada pihak internal sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan sistem terintegrasi servqual, lean, dan six sigma. Penelitian pada perspektif eksternal dilakukan menggunakan Servqual yang merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi yang akan menghasilkan gap dengan bobot yang tertinggi yang ada pada layanan suatu perusahaan. Sedangkan pada perspektif internal menggunakan metode integrasi lean dan six sigma yang bertujuan untuk mengurangi variasi dan serta mempercepat proses eliminasi waste di sepanjang value stream sehingga akan memberikan nilai tambah (value added). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan sistem terintegrasi servqual, lean, dan six sigma pada SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, maka menghasilkan satu atribut dari 22 (dua puluh dua) atribut dengan gap terbobot tertinggi yang menyebabkan hambatan pada proses belajar mengajar yang mengakibatkan penurunan kepuasan siswa dalam pelayanan yang diberikan pihak sekolah. Dari gap terbobot tertingi tersebut dilakukan penelitian lean dan six sigma kepada pihak internal sekolah sehingga menghasilkan satu sarana dengan kerusakan tertinggi yang harus dilakukan improve demi meningkatkan kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.266/12 Her p
Uncontrolled Keywords: CAREER DEVELOPMENT; PERSONNEL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
LUGAR HERSAPUTRA, 040710158UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFebriana Wurjaningrum, SE., MTUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 03 Jan 2013 12:00
Last Modified: 05 Aug 2016 02:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1663
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item