RESISTENSI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBEBASAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN KEPENTINGAN UMUM (Studi kasus tentang Implementasi Kebijakan Pembebasan Tanah untuk Pengadaan Tanah bagi Pelebaran jalan Kalianak Tahap II, Surabaya)

SYAKE SASONGKO, - (2010) RESISTENSI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBEBASAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN KEPENTINGAN UMUM (Studi kasus tentang Implementasi Kebijakan Pembebasan Tanah untuk Pengadaan Tanah bagi Pelebaran jalan Kalianak Tahap II, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sasongkosy-20216-fisan2-k.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam peneiltian ini ialah bagaimana resistensi masyarakat dalam implementasi kebijakan pembebasan tanah untuk pengadaan tanah bagi pelebaran Jalan Kalianak Tahap II. Yang menjadi latarbelakang pembebasan tanah di Jl. Kalianak Surabaya adalah karena mobilitas jumlah kendaraan yang melintasi juga sudah sangat padat, banyakya peristiwa kecelakaan dan merenggut banyak korban jiwa di sepanjang jalan tersebut. Ditambah lagi molornya proyek tersebut karena pendanaan dari Pemkot yang minim, sehingga warga setempat merasa seolah-olah digantung begitu saja, samapai saat ini pun belum ada tindak lanjut dari Pemkot yang bersangkutan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti memakai metode penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus yang menekankan pada multievidence dari hasil wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumen yang relevan. Analisa data dilakukan dengan pengkategorian dan pengkombinasiaan bukti dan menetapkan serangkaian keterkaitan timbal-balik mengenai fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas antara aparat pelaksanaan masih kurang karena target group merasa tidak ada pendekatan yang cukup berarti dan tanggapan atas tuntutan dan keluhan belum direspon secara cepat oleh Dinas Bina Marga dan Utilitas Kota Surabaya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini ialah Tim Pembebasan Tanah cukup berperan dalam menghadapi kebijakan pembebasan tanah Jl. Kalianak. Sebagai kelompok kepentingan, mereka memperjuangkan kepentingan anggotanya agar mendapat ganti kerugian yang sepadan dengan harga tanah pada saat ini. Akan tetapi resistensi yang dilakukan Tim Pembebasan Tanah juga tidak berdampak pada kebijakan yang diambil oleh pemkot. Hingga saat ini pemerintah belum memenuhi permintaan harga dari warga setempat. Kata kunci : Resistensi, implementasi, kebijakan pembebasan tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LAND USE - LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2336-2337 Tax exemption
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SYAKE SASONGKO, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 13 Oct 2011 12:00
Last Modified: 13 Jul 2016 06:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16667
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item