STRATEGI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MEMBERDAYAKAN UKM ALAS KAKI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI SENTRA INDUSTRI SEPATU KOTA MOJOKERTO

ROUDLOTUL FITHRIYAH, 070710216 (2011) STRATEGI DINAS KOPERASI PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MEMBERDAYAKAN UKM ALAS KAKI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI SENTRA INDUSTRI SEPATU KOTA MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fithriyahr-20247-fisan3-k.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fithriyahr-16997-fisan3-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha dengan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki dan dikuasai. UKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah. Peran penting tersebut telah mendorong banyak daerah termasuk Kota Mojokerto untuk terus berupaya memberdayakan UKM terlebih lagi setelah berlakunya Asean Cina Free Trade Agreement atau ACFTA. Di Kota Mojokerto, alas kaki adalah salah satu produk UKM unggulan yang banyak mendapat persaingan dari beberapa daerah lain yang juga mengunggulkannya. Maka, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan selaku instansi Pemerintah Kota Mojokerto berupaya memberdayakan UKM nya menggunakan strategi-strategi untuk meningkatkan daya saingnya terhadap produk kompetitor. Dalam menganalisis strategi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto adalah menggunakan analisis SWOT. Data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah strategi intensif melalui strategi pengembangan produkdengan hasil yang diperoleh adalah pelaku UKM alas kaki Kota Mojokerto dapat mempertahankan produksinya sehingga pada tahun 2009 dan 2010 terdapat beberapa produk-produk alas kaki buatan UKM Kota Mojokerto yang diekspor ke luar negeri, selanjutnya melalui strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan pasar, dengan hasil bertambahnya pangsa pasar serta konsumen yang datang melalui keaktifan promosi dengan keikutsertaan pelaku UKM alas kaki Kota Mojokerto ke beberapa pameran yang diadakan di berbagai kota Disamping itu, terdapat strategi peningkatan program pelatihan, dengan hasil yang diperoleh adalah meningkatnya jumlah pelaku UKM alas kaki di Kota Mojokerto dan diperolehnya penghargaan Otonomi Award pada tahun 2009 dengan kategori pemerataan ekonomi serta terdapat penggunaan strategi peningkatan kerjasama dengan bank, dengan hasil yang dicapai yakni meningkatnya total kredit pinjaman yang diberikan pada pelaku UKM alas kaki setiap tahunnya. Kata Kunci : UKM, daya saing, strategi, analisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis. AN. 38/11 Fit s
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING ; INDUSTRIAL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ROUDLOTUL FITHRIYAH, 070710216UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Oct 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 14:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item