IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERBASIS ENTREPRENEURSHIP PADA SEKOLAH MENENGAH DI SURABAYA (Studi Kasus di SMA Ciputra dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya)

INTAN ANGGI PUSPITA, 070710460 (2011) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERBASIS ENTREPRENEURSHIP PADA SEKOLAH MENENGAH DI SURABAYA (Studi Kasus di SMA Ciputra dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-puspitaint-20271-fisan4-k.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16692 FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan entrepreneurship dibutuhkan di Indonesia karena masih banyaknya pengangguran di Indonesia. Kemendiknas dalam rencana strategisnya mengutamakan pendidikan sekolah kejuruan untuk membangun pendidikan entrepreneurship pada sekolah menengah. Dalam penelitian ini, membandingkan implementasi pengembangan metodologi kewirausahaan yang diterapkan di sekolah kejuruan sebagai konsentrasi Renstra Kemendiknas 2010-2014 dengan implementasi pengembangan metodologi kewirausahaan yang diterapkan oleh lembaga pendidikan SMA umum (sekolah swasta). Sinergi antara keduanya diharapkan mampu memberikan advokasi yang sesuai untuk pelaksanaan sekolah entrepreneurship di Indonesia. Untuk menjawab permasalahan ini, digunakan motode penelitian kualitatif dengan tipe peneltian deskriptif. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, data sekunder serta memanfaatkan hasil dokumenter. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball dan teknik accidental sampling. Proses analisis data dilakukan dengan mengkategorikan dan mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan dalam implementasi kegiatan pengembangan kegiatan entrepreneurship di SMKN 1 Surabaya dengan di SMA Ciputra. Persamaan dan perbedaan tersebut terkategori dalam beberapa variabel yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumberdaya, karakteristik agen pelaksana, disposisi para pelaksana, komunikasi interorganisasi dan lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Kata kunci : implementasi kebijakan, pendidikan, entrepreneurship

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis AN 41 /11 Pus i
Uncontrolled Keywords: ENTREPRENEURSHIP ; SECONDARY SCHOOL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
INTAN ANGGI PUSPITA, 070710460UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGitadi Tegas Supramudyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 18 Oct 2011 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 19:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16692
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item