MAKNA IKLAN PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk. (Studi Semiotika Terhadap Iklan "Lukisan Anak Negeri" Di Wilayah Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo)

HENDRA SANJAYA GOENAWAN, 070710011 (2011) MAKNA IKLAN PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk. (Studi Semiotika Terhadap Iklan "Lukisan Anak Negeri" Di Wilayah Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-goenawanhe-20346-fisant-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16695.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan fisik di Indonesia terus berjalan dengan begitu pesatnya, tidak terkecuali di wilayah Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Pembangunan perumahan, toko-toko, perbaikan jalan, dan berbagai fasilitas umum lainnya begitu pesatnya dalam dua tahun terakhir. Pembangunan yang begitu pesatnya ini harus ditunjang dengan kontribusi industri semen sebagai salah satu bahan utama dalam melaksanakan pembangunan fisik. Perusahaan Semen Gresik (Persero) Tbk. sebagai salah satu BUMN yang bergerak di industri ini juga memiliki tanggung jawab untuk memenuhi permintaan pasar yang begitu besar. PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. tidak sendirian di dalam persaingan industri semen. Dua kompetitornya, yaitu PT. Indocement dengan semen Tiga Roda, dan PT. Holcim dengan produknya semen Holcim juga semakin semangat untuk bersaing dengan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Dalam merebut pasar, peran iklan promosi di berbagai media terutama TV yang dibuat oleh unit Kerja Komunikasi Pemasaran memiliki peran yang penting. Tidak dapat dihindari bahwa TV sudah menjadi alat media utama dalam setiap lapisan masyarakat. Salah satu iklan yang dibuat oleh unit kerja ini adalah iklan bertema Lukisan Anak Negeri. Dalam bidang studi antropologi, pemaknaan terhadap suatu hal menjadi salah bidang kajian yang cukup menarik. Peran bahasa sebagai sistem simbol dalam masyarakat membuat suatu iklan akan menghasilkan berbagai macam makna. Pemaknaan yang berbeda-beda inilah yang akan dicari dalam penelitian ini. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif yang menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai metode utama. Data-data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan teori semiotika ganda dari Roland Barthes. Kemudian hasil analisis terhadap iklan ini akan dibandingkan dengan pemaknaan yang diungkapkan oleh masyarakat di lokasi penelitian. Dari perbandingan ini akan diketahui keberhasilan iklan dalam menyampaikan pesan yang dimaksud. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa iklan yang bertema Lukisan Anak Negeri yang dibuat oleh PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. memiliki makna yaitu PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Memiliki tekad yang bulat untuk terus membangun bangsa Indonesia termasuk di dalamnya memperhatikan generasi penerus bangsa dengan memberikan kesempatan untuk mewujudkan cita-cita generasi penerus bangsa tersebut. Iklan ini termasuk dalam iklan perusahaan yang bertujuan untuk membangun citra perusahaan. Sedangkan dari masyarakat secara umum memiliki beberapa makna yang berbeda. Namun, mayoritas masyarakat tidak mengetahui bahwa iklan ini merupakan iklan perusahaan. Bagi masyarakat, semua iklan yang ditayangkan di TV merupakan iklan produk. Kata Kunci : iklan TV, iklan perusahaan, semiotika ganda, makna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis. Ant. 19/11 Goe m
Uncontrolled Keywords: SEMIOTICS ; ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
HENDRA SANJAYA GOENAWAN, 070710011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNurcahyo Tri Arianto, Drs., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Oct 2011 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item