Relasi Ekonomi Nelayan dan Pengepul di Kejawan Lor, Kelurahan Kenjeran, Kota Surabaya

MUHAMMAD ANDI ZAINUDDIN, 070710325 (2011) Relasi Ekonomi Nelayan dan Pengepul di Kejawan Lor, Kelurahan Kenjeran, Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-zainuddinm-20355-fisant-k.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-zainuddinm-17078-fisant-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nelayan sangat bergantung pada lingkungan alam. Jika lingkungan alam terganggu, maka nelayan tidak dapat melaut atau mencari ikan. Akibatnya tidak ada pemasukan pendapatan dan kelangsungan kehidupan nelayan terganggu. Kenyataan ini mendorong nelayan melakukan aktivitas ekonomi dengan pengepul.Terbentuknya relasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yang diperlukan oleh nelayan maupun pengepul. Rumusan masalah dalam penelitian adalah tentang bagaimana relasi ekonomi antara nelayan dengan pengepul di Kejawan Lor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Jumlah informan yang dipilih adalah tiga belas orang yang diantaranya terdiri dari enam nelayan, tiga pengepul, dua pihak kelurahan Kenjeran dan dua orang yang termasuk masyarakat sekitar. Lokasi penelitian dilakukan di Kejawan Lor, kelurahan Kenjeran, kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini bahwa relasi ekonomi antara nelayan dengan pengepul terbentuk karena adanya sifat saling percaya dan menguntungkan. Relasi ekonomi ini berupa transaksi pertukaran barang atau jasa yang didasari atas kerja sama yang bersifat timbal balik (resiprositas) tanpa disertai adanya aturan yang bersifat normatif dan didasarkan pada moral ekonomi nelayan maupun pengepul. Adanya prinsip saling percaya dan menguntungkan ini juga memperkuat adanya relasi ekonomi antara nelayan dengan pengepul. Kata Kunci: Relasi Ekonomi, Nelayan dan Pengepul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis. Ant. 16/11 Zai r
Uncontrolled Keywords: goverment
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD ANDI ZAINUDDIN, 070710325UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Endah Kinasih, S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Oct 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 05:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item