Pengaruh literasi informasi terhadap kesesuaian individu-sekolah pada siswa SMK negeri di Surabaya.

BRAMANTYO ADI PURNOMO, 070610380 (2011) Pengaruh literasi informasi terhadap kesesuaian individu-sekolah pada siswa SMK negeri di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-purnomobra-20445-fisiip-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-purnomobra-17159-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh dimensi-dimensi literasi informasi yang terdiri atas dimensi literasi informasi tradisional, dimensi literasi informasi internet, dan dimensi literasi informasi komputer terhadap kesesuaian individu sekolah pada siswa SMKN di Surabaya. sampel penelitian ini adalah siswa SMKN di Surabaya yang dipilih dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh 120 siswa SMKN di Surabaya yang terdiri dari SMKN 4, SMKN 6, dan SMKN 8. Pengukuran variabel bebas dan variabel terikat menggunakan skala lickert. Data diuji dengan uji statistik regresi linear berganda dengan bantuan SPSS for windows version 13.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara bersama – sama (simultan) antara dimensi-dimensi literasi informasi yang terdiri atas dimensi literasi informasi tradisional, dimensi literasi informasi internet, dan dimensi literasi informasi komputer terhadap kesesuaian individu-sekolah pada siswa SMKN di Surabaya. Nilai R2 menunjukan nilai 0.347 atau 34.7 %, ini artinya bahwa variabel-variabel bebas dalam penelitian ini yaitu variabel literasi informasi yang terdiri dari literasi tradisional, literasi internet dan literasi komputer mampu menjelaskan sebesar 34,7 % variasi perubahan Kesesuaian Individu-Sekolah pada siswa SMKN di Surabaya. dengan masing-masing nilai t hitung di tiap variabel lebih besar dari nilai t-tabel (0,5%). Sedangkan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap Kesesuaian Individu-Sekolah adalah variabel dimensi literasi tradisional dengan nilai t-hitung sebesar 2,770. Kata kunci : Literasi informasi (information Literacy), kesesuaian individu sekolah (appropriateness of student-school).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 12 11 Pur p
Uncontrolled Keywords: LITERACY ; SCHOOL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
BRAMANTYO ADI PURNOMO, 070610380UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 26 Oct 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 04:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16713
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item