VARIABEL-VARIABEL BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN (Studi Eksplanatif Tentang Uji Pengaruh Variabel-variabel Produk, Harga, Promosi, dan Tempat Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi

NANY KUCECWARAWATI, 070517935 (2009) VARIABEL-VARIABEL BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN (Studi Eksplanatif Tentang Uji Pengaruh Variabel-variabel Produk, Harga, Promosi, dan Tempat Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kucecwaraw-20451-fisiip-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kucecwaraw-17163-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, baik secara bersama-sama maupun parsial dari empat variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), promosi (X3), dan tempat (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur (Y). Teknik analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan uji F dan uji T, serta koefisien determinasi berganda yang disertai dengan tiga asumsi klasik yaitu multikoliniaritas, autokorelasi, dan heterokedastisitas. Untuk menguji validitas digunakan teknik product moment, sedangkan reliabelitas diketahui dengan membandingkan niali r hitung dengan r tabel. Keriterianya jika nilai r hitung lebih besar > dari nilai r tabel, maka instrument penelitian dikatan relaibel Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel bebas bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna sebagai variabel terikat ini diketahui dengan membandingkan nilai F hitung ( 29, 626) dengan tingkat kesalahan (0,05) dengan F tabel. Berdasarakan uji T diketahui bahwa hanya pada variabel produk dan promosi dari variabel bebas secara parsial memberikan pengaruh yang bermakna terhadap variabel terikat. Hal ini diketahui dari nilai T hitung variabel bebas mempunyai tingkat kesalahan yang lebih kecil dari 0,05. Diketahui bahwa variabel produk mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna. Penentuan ini dapat dilakukan dengan mengkalikan nilai koefisien terstandarisasi dengan korelasi order nol pada masing-masing variabel yaitu produk sebesar (38,8%), harga (3,5%), Promosi (14,9%) dan Tempat (-0,6%) Sementara nilai R square sebasar 0,555 memberikan arti bahwa keempat variabel bebas tersebut berpengaruh sebesar 55.5% Terhadap variabel terikat. Sedangkan sisanya sebesar 44.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, Perpustakaan, dan Bauran Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 16/11 Kuc v
Uncontrolled Keywords: Consumer Satisfac ; Marketing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
NANY KUCECWARAWATI, 070517935UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 26 Oct 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 15:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16717
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item