PERILAKU PEMBACA FANATIK BACAAN POPULER (NOVEL) DI KALANGAN REMAJA AKHIR (Studi Kualitatif tentang Perilaku Pembaca Fanatik Bacaan Populer (novel) di Kalangan Remaja Akhir Kota Surabaya dari Perspektif Budaya Populer)

Zainal Arifin, 070517873 (2011) PERILAKU PEMBACA FANATIK BACAAN POPULER (NOVEL) DI KALANGAN REMAJA AKHIR (Studi Kualitatif tentang Perilaku Pembaca Fanatik Bacaan Populer (novel) di Kalangan Remaja Akhir Kota Surabaya dari Perspektif Budaya Populer). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-arifinzain-20453-fisiip-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-arifinzain-17164-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perilaku pembaca fanatik bacaan popular (novel) di kalangan remaja akhir kota Surabaya dari perspektif budaya populer. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami bentuk-bentuk perilaku pembaca fanatik novel di kalangan remaja akhir kota Surabaya serta latar belakang dibalik terbentuknya perilaku fanatik tersebut. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan maksud untuk mendapatkan hasil yang mendalam tentang perilaku pembaca fanatic bacaan populer (novel) di kalangan remaja akhir kota Surabaya dan latar belakang terbentuknya sikap fanatik tersebut kemudian akan didapatkan sebuah tipologi perilaku. Berdasarkan hasil analisa data yang di dapatkan melalui indepth interview dan focus group discussion (FGD), telah ditemukan bahwa perilaku pembaca fanatik bacaan populer (novel) di kalangan remaja akhir kota Surabaya tidak selalu dipengaruhi dan ditentukan oleh hegemoni budaya populer atau budaya massa yang merupakan produk kapitalis dimana aktivitas konsumsi diarahkan pada konsumsi tanda. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pertama, terdapat remaja yang perilaku fanatiknya dalam membaca novel dikarenakan hegemoni budaya massa dimana perilakunya tidak didasarkan pada rasionalitas dan sikap kritis. Kedua, terdapat remaja akhir yang menggunakan pertimbangan yang rasional terhadap sikap fanatiknya pada bacaan novel. Remaja akhir (18-24 tahun) merupakan tahap dimana kematangan intelektualitas mulai terbentuk, berkembangnya sikap rasional dan kemampuan ekonomi yang lebih mandiri. Dari dua kelompok pembaca yang dibedakan berdasarkan perilakunya tersebut maka penelitian ini meghasilkan dua tipe (tipologi) perilaku pembaca fanatik novel di kalangan remaja akhir yaitu Fandom Reader dan Fragmentation Reader. Fandom Reader memiliki karakteristik 1) membaca 1 genre novel, 2) pilihan bacaan dan sikap fanatik dikarenakan terhegemoni budaya massa, 3) melakukan konsumsi sinergistik, dan 4) aktif di dalam komunitas virtual serta mereproduksi identitasnya. Sedangkan Fragmentation Reader memiliki karakteristik 1) membaca berbagai genre novel, 2) bersikap rasional dalam memilih novel serta sikap fanatiknya dalam membaca novel yang didasari kesenangan membaca, 3) tidak membeli aksesoris dan barang-barang produk budaya, 4) komunitas virtual hanya sebagai media mencari informasi dan tidak mereproduksi identitas. Kata kunci : Pembaca fanatik, Novel, Remaja akhir, Fandom Reader, Fragmentation Reader.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 17/11 Ari p
Uncontrolled Keywords: HUMAN BEHAVIOR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Zainal Arifin, 070517873UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 26 Oct 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16718
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item