PERILAKU PLAGIAT DI KALANGAN MAHASISWA EKSAK DAN NON EKSAK (Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa dan Sikap Staf Pengajar FST dan FISIP Terhadap Perilaku Plagiat di Universitas Airlangga Surabaya )

Yohana Inga WFY, 070710604 (2010) PERILAKU PLAGIAT DI KALANGAN MAHASISWA EKSAK DAN NON EKSAK (Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa dan Sikap Staf Pengajar FST dan FISIP Terhadap Perilaku Plagiat di Universitas Airlangga Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wfyyohanai-20476-fisiip-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB III)
16722 BAB I - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV - DAFTAR PUSTAKA)
16722 BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tindakan plagiat terjadi di berbagai bidang, tidak terkecuali terjadi di kalangan akademis yang akhir-akhir ini menjadi perhatian dari berbagai pihak. Berbagai faktor pendukung meningkatnya tindakan plagiat dikemukakan oleh peneliti terdahulu, salah satunya adalah akses informasi yang semakin mudah, namun dikemukakan pula faktor-faktor lain secara personal. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan tindakan plagiat yang terjadi di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya dengan mengaitkan pembentukan persepsi mahasiswa serta sikap staf pengajar dalam menanggapi tindakan plagiat yang terjadi kalangan mahasiswanya. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan jumlah responden 82 staf pengajar dan 88 mahasiswa yang berasal dari fakultas eksak dan non eksak. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik multistage random sample, dan instrumen menggunakan kuesioner. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mahasiswa eksak cenderung melakukan tindakan plagiat lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa non eksak, diprediksikan hal ini terjadi karena mahasiswa non eksak lebih sempurna dalam memproses stimulus terkait dengan tindakan plagiat sehingga persepsi yang terbentukpun lebih baik. Sikap yang ditunjukkan oleh staf pengajar dari kedua fakultas dalam menekan maupun menanggapi tindakan plagiat menunjukkan terdapat penekanan yang berbeda, dimana staf pengajar non eksak cenderung lebih kuat penekanannya dibandingkan dengan staf pengajar eksak. Kata kunci: Tindakan Plagiat, Persepsi Mahasiswa, Sikap Staf Pengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 24/11 Wfy p
Uncontrolled Keywords: COPYRIGHT ; PLAGIARISM
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1411-1485 Copyright
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Yohana Inga WFY, 070710604UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Oct 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16722
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item