PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (Information Seeking Behavior) BERDASARKAN KOMPLEKSITAS TUGAS KARYAWAN MEDIA MASSA (Studi Deskriptif Pada Media Cetak Surabaya Post dan Media Elektronik Radio Suara Surabaya FM)

Rahmi Rosyidah, 070710267 (2011) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI (Information Seeking Behavior) BERDASARKAN KOMPLEKSITAS TUGAS KARYAWAN MEDIA MASSA (Studi Deskriptif Pada Media Cetak Surabaya Post dan Media Elektronik Radio Suara Surabaya FM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rosyidahra-20477-fisiip-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16723.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap manusia tidak akan terlepaskan dengan kebutuhan informasi dari berbagai macam bidang dalam kehidupannya. Termasuk pada manusia yang berperan di dalam suatu organisasi. Kebutuhan informasi pada tiap-tiap diri manusia dalam organisasi merupakan karakteristik individu yang tidak dapat terlepaskan. Kebutuhan informasi ini ada karena dipicu oleh tuntutan-tuntutan organisasi tempat dirinya berada. Salah satunya adalah tanggung jawab atau tugas yang diberikan organisasi kepadanya. Oleh karena tuntutan tugas-tugas dari organisasi tersebutlah secara otomatis akan menimbulkan kebutuhan informasi pada setiap diri manusia untuk menjalankan tugas dan perannya di dalam organisasi. Kemudian, dari munculnya kebutuhan itu akan mendorong tiap-tiap orang dalam berperilaku informasi untuk menjalankan tugas-tugasnya. Dari ilustrasi singkat tersebut di atas, maka penelitian ini merupakan penggabungan antara kajian organisasi dan kajian informasi. Di mana pada kajian organisasi menitik beratkan pada bagaimana manusia di dalam organisasi berperilaku informasi untuk kepentingan tugas yang diberikannya. Sedangkan pada kajian informasi menitikberatkan pada bagaimana manusia dalam mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan informasinya melalui sumber dan saluran informasi yang relevan untuk persyaratan tugasnya. Dengan demikian, perilaku informasi ini adalah tergantung dari pada kompleksitas tugas pada tiap-tiap manusia. Organisasi yang diteliti pada penelitian ini adalah organisasi yang berkaitan dengan informasi, yakni media massa. Baik itu media massa cetak maupun elektronik.Media cetak diwakili oleh surat kabar Surabaya Post dan media elektronik diwakili oleh radio Suara Surabaya. Jumlah responden dari masing-masing media diambil secara proporsional pada masing-masing bagian pada ke dua media tersebut. Pada media cetak didapat 23 orang sedangkan pada media elektronik didapatkan 33 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti bahwa adanya hubungan yang sangat erat antara kompleksitas tugas pada tiap-tiap manusia dalam organisasi dengan perilaku informasinya. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kompleksitas tugas ke dua media adalah cukup tinggi dan tugas pada ke dua media memiliki kategori tugas yang sama, yakni tugas keputusan melalui pengetahuan. Sehingga mereka cenderung membutuhkan informasi yang beragam dan mendorong penggunaan sumber serta saluran informasi yang beragam pula. Kata Kunci : Kompleksitas Tugas, Perilaku Penemuan Informasi, KebutuhanInformasi, Sumber dan Saluran Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 22/11 Ros p
Uncontrolled Keywords: CUNSUMER SATISFACION ; INFORMATION BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Rahmi Rosyidah, 070710267UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Oct 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 07:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16723
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item