PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA MASSA DIGITAL (Studi Deskriptif di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga)

IRMA ASOKAWATI, 070710598 (2011) PERILAKU PENGGUNAAN MEDIA MASSA DIGITAL (Studi Deskriptif di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-asokawatii-20523-fisiip-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16733.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini, teknologi cukup berkembang sangat pesat. Hal ini sangat berhubungan dengan kebutuhan manusia akan informasi dan teknologi. Guna melengkapi kebutuhannya, manusia menggunakan berbagai cara. Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan akan informasi. Informasi-informasi tersebut tentunya dapat diperoleh melalui media massa. Kemunculan media massa mengalami tahapan-tahapan perkembangan di bidang teknologi dan dibagi menjadi 3, yaitu media cetak, media elektronik dan media digital atau new media. Dengan media massa digital, informasi apa saja dari belahan dunia manapun dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Kecepatannya yang tinggi dalam memberikan informasi membuat media massa digital sangat digemari oleh masyarakat saat ini. Keberadaan media massa digital tidak terbatas ruang dan waktu sehingga penggunaannya dapat digunakan dimanapun dan kapan pun yang mereka kehendaki. Pada saat ini, media online menjadi alternative lain untuk memenuhi kebutuhan informasi. Pengguna media massa digital banyak diakses oleh mahasisiwa yang merupakan khalayak muda yang dimana mereka lebih mampu menyesuaikan diri dengan teknologi, hal ini didukung oleh adanya fakta bahwa konsumen media massa digital terutama para remaja cenderung memilih media yang lebih canggih, yakni media massa digital dari pada media cetak (Lapham, 1995 dalam surya 2002). Sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana perilaku mahasiswa dalam menggunakan media massa digital. Untuk mengetahui hal itu peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dari Elihu Katz bahwa fungsi dari media massa digital mempengaruhi perilaku seseorang menggunakan media massa yaitu surveillance, entertainment, personal (escape), and social relationship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling non random yaitu purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu di temukan bahwa perilaku penggunaan media massa digital terhadapa mahasiswa yaitu di dorong oleh fungsi dari media massa digital yaitu entertainment, para mahasiswa IIP lebih banyak mengakses media hiburan disaat mengakses media massa digital. Dengan ini dapat diketahui bahwa tujuan penggunaan media massa digital adalah untuk menambah wawasan dan keperluan untuk memenuhi rasa keingintahuan responden. Hal ini sesuai dengan ciri remaja akhir dimana memeiliki karakter ingin tahu yang tinggi. Perilaku penggunaan media massa digital pada remaja akhir ini merupakan simbolisasi adanya sebuah net generation sebuah generasi yang lahir di tengah kemajuan teknologi informasi dan kemudahan dalam mendapatkan informasi. Kata Kunci : Media Massa Digital, Kebutuhan Informasi, Motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 38/11 Aso p
Uncontrolled Keywords: INTERNET ; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IRMA ASOKAWATI, 070710598UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy Prasetyo Y, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 Oct 2011 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item