Perbedaan Kualitas Informasi Pada Database Jurnal Elektronik ( Studi Deskriptif pada jurnal Proquest dan Spingerlink dari sudut pandang pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga)

NILA KRISNAWATI, 070710253 (2011) Perbedaan Kualitas Informasi Pada Database Jurnal Elektronik ( Studi Deskriptif pada jurnal Proquest dan Spingerlink dari sudut pandang pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-krisnawati-20525-fisiip-k.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-krisnawati-17224-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang suatu perbedaan kualitas informasi pada database jurnal elektronik yang memiliki kesamaan isi pada konteks informasi bidang ilmu pengetahuan yang sama yang diukur dari sudut pandang pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga pada area e-journal. Tujuan dari penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pengguna perpustakaan untuk menilai suatu informasi yang berkualitas sehingga pengguna memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini merujuk pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Knight, 2003 yang meneliti kualitas informasi word wide web dari sudut pandang pengguna dengan menggunakan teori yang sama dengan Knight yakni menggunakan pendekatan dari dimensi kualitas Wang & Strong, 1998 yang memiliki kriteriakriteria kualitas informasi tertentu yang meliputi Intrinsic, Accessibility, Contextual dan Representation, yang menghasilkan temuan yang berbeda yakni penilaian suatu kualitas yang berbeda dari produk yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pengambilan sample non-random dengan cara purposive dimana menggunakan syarat dalam memilih responden yakni pengguna yang ditemui telah mengakses jurnal Proquest dan Spingerlink untuk ketiga kalinya. Responden yang dipilih dengan jumlah 100 orang dan data ini diuji denganmenggunakan SPSS for windows fersion 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada database jurnal elektronik yang memiliki kesamaan isi konteks informasinya akan menghasilkan kualitas informasi berbeda jika diukur dari sudut pandang pengguna dengan menggunakan kriteria criteria dari dimensi kualitas informasi, sehingga dari penelitian ini akan memberikan cara ataupun tahap penilaian kepada pengguna untuk mengukur suatu nilai informasi yang berkualitas. Kata kunci : Kualitas informasi (Information quality), Dimensi kualitas, Database Jurnal elektronik, Proquest, Spingerlink.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 36/11 kri p
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
NILA KRISNAWATI, 070710253UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDessy Harisanti, S.Sos, MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 Oct 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 08:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16735
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item