STRATEGI PENEMUAN INFORMASI di Kalangan Peneliti Sosial LPPM Universitas Airlangga

Nadia Tsaurah, 070710487 (2011) STRATEGI PENEMUAN INFORMASI di Kalangan Peneliti Sosial LPPM Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-tsaurahnad-20535-fisiip-k.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tidak ada seorangpun yang tidak membutuhkan informasi. Tidak terkecuali peneliti yang juga membutuhkan berbagai informasi, khususnya informasi informasi terbaru yang bermanfaat untuk menunjang proses penelitian. Teknologi digital menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting bagi peneliti di era digitalisasi informasi, dimana memiliki fungsi mempermudah, mempercepat, dan memperlancar dalam mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan untuk keperluan penelitian, maupun untuk berkomunikasi (sharing) informasi dengan peneliti lainnya. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan strategi penemuan informasi yang dilakukan oleh Peneliti Sosial LPPM Universitas Airlangga. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Responden berjumlah 34 orang, khususnya peneliti di bidang non eksakta (sosial). Sampel diambil secara simple random sampling dan instrument menggunakan kuesioner. Hasil yang diperoleh, bahwa di era digitalisasi sekarang ini, digambarkan bahwa peneliti sosial LPPM Universitas Airlangga tetap menggunakan sumber informasi non digital (tercetak) disamping menggunakan sumber informasi digital (elektronik), sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan informasi tentang penelitian. Karena, mereka merasa tidak cukup jika hanya mengandalkan salah satu sumber informasi saja. Jadi tidak begitu mengejutkan jika perpustakaan tetap dijadikan sebagai tempat rujukan utama bagi peneliti yang membutuhkan koleksi tercetak, sehingga perpustakaan cukup dimanfaatkan oleh peneliti sosial LPPM Universitas Airlangga. Kesulitan-kesulitan ketika menemukan informasi, ternyata terbukti terjadi pada peneliti sosial LPPM Universitas Airlangga. Kesulitan yang mereka temui lebih banyak pada proses pengaksesan, yaitu sulit memasukkan kata kunci yang tepat, sehingga tak jarang mereka sulit untuk menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, minimnya pengalaman mereka dalam menggunakan OPAC yang ada di perpustakaan, kondisi fisik (mata yang mulai rabun), kurangnya pengetahuan terhadap situs yang akan dituju, banyaknya pilihan-pilihan informasi yang ada di dalam situs sehingga cukup membuat mereka bingung mana informasi yang sebenarnya dibutuhkan, dan mana yang tidak dibutuhkan. Keywords : Kebutuhan Informasi Peneliti, Strategi Penemuan Informasi, Peneliti Sosial LPPM Universitas Airlangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 32/11 Tsa s
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
Nadia Tsaurah, 070710487UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 Oct 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 07:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16738
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item