PENGARUH RESPONSIVITAS TERIIADAP PESAING PADA KINDRJA PERUSAHAAN DIMODXRASI TENSI PERSAINGAN DAN KELONGGARAN SUMBERDAYA PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR PULSA ELEKTRIK DI SURABAYA

MIKHAEL MANGIHOT NAPITUPULU, 040510184 (2013) PENGARUH RESPONSIVITAS TERIIADAP PESAING PADA KINDRJA PERUSAHAAN DIMODXRASI TENSI PERSAINGAN DAN KELONGGARAN SUMBERDAYA PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR PULSA ELEKTRIK DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-napitupulu-22149-5.abstr-i.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan antar perusahaan, bagaimana persaingan antar perusahaan terjadi, strategi pemasaran, keunggulan, dan sumberdaya adalah topik yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui responsivitas terhadap pesaing (X) yang dikemukakan oleh Kohli dan Jaworski (1990), yaitu tanggapan perusahaan terhadap perubahan harga, kualitas produk, perubahan atau penambahan fasilitas, strategi pemasaran yang dilakukan pesaing terkuat dan apakah pesaing terkuat mejadi fokus dari aktifitas perusahaan maupun strategi perusahaan berdasar pada strategi pesaing terkuat, apakah mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran dan keuangan perusahaan (Y) yang dinilai dari kinerja pemasaran (a) yaitu loyalitas, kepuasan, nilai guna, rendahnya perpindahan pelanggan maupun pertumbuhan pangsa pasar, dan dari kinerja keuangan (b) yaitu penilaian subyektif yang dikemukakan oleh Moorman dan Rust (1999) maupun Naver dan Slater (1990) yang diukur melalui pertumbuhan penjualan, pengurangan biaya penjualan, dan laba atas investasi perusahaan, sedangkan penilaian obyektif berasal dari data penjualan server yang berasal dari operator. Dan apakah tensi persaingan (Z1) yang dikemukakan oleh Chen, et al (2007) yang diukur melalui apakah perusahaan, lokasi cabang, wilayah operasional yang berdekatan maupun kualitas produk, produk yang kompetitif dengan pesaing utama ataupun fasilitas tambahan yang disediakan pesaing menjadikan persaingan antar perusahaan cukup tinggi, maupun kelonggaran sumberdaya (slack resources) (Z2) yang berdasarkan seberapa besar sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk membiayai ekspansi selanjutnya, sebagai variabel moderator akan memperkuat atau memperlemah pengaruh responsivitas pesaing utama terhadap kinerja pemasaran dan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh dari jawaban responden atas kuisioner yang disebarkan pada perusahaan server distributor pulsa elektrik yang berada di Surabaya. Dimana jumlah respondennya berjumlah 42 yang berasal dari tiap perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode analisis hierarchical regression atau regresi berjenjang dengan menggunakan software SPSS 15.0. Berdasarkan hasil analisis hierarchical regression, diperoleh hasil bahwa responsivitas terhadap pesaing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan dan penelitian menunjukkan bahwa responsivitas terhadap pesaing terhadap kinerja pemasaran maupun terhadap kinerja keuangan dengan dimoderasi tensi persaingan tidak bersifat signifikan. Penelitian juga menunjukan bahwa responsivitas terhadap pesaing terhadap kinerja pemasaran maupun terhadap kinerja keuangan dengan dimoderasi slack resources berpengaruh secara signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.278/12 Nap p
Uncontrolled Keywords: PUBLIC SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
MIKHAEL MANGIHOT NAPITUPULU, 040510184UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 04 Jan 2013 12:00
Last Modified: 05 Aug 2016 09:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1674
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item