Perilaku Kecanduan Internet (Internet Addiction) (Studi Deskriptif Tentang Tipe Perilaku Kecanduan Internet Dari Aspek Jenis Kepribadian Introvert dan Ekstrovert Pada Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya)

MOKHAMAD ROFID, - (2011) Perilaku Kecanduan Internet (Internet Addiction) (Studi Deskriptif Tentang Tipe Perilaku Kecanduan Internet Dari Aspek Jenis Kepribadian Introvert dan Ekstrovert Pada Pengguna Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rofidmokha-20545-fisiip-k.pdf

Download (339kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai perilaku kecanduan internet pada remaja akhir. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memahami kepentingan penggunaan internet yang digunakan untuk berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari mulai dari browsing, belajar, hingga menambah teman baru dan mencari teman lama. Dengan kemudahan internet inilah yang menjadikan mahasiswa ingin selalu menggunakan dalam kehidupannya sehingga bisa merasakan apa yang disebut dengan kecanduan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengambilan sampel secara purposive pada perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya yaitu Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Surabaya, dan Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel. Dengan sampel yang memiliki kriteria-kriteria Remaja Akhir di Kota Surabaya usia 18-24 tahun, menggunakan internet selama paling sedikit lebih dari satu jam sehari atau menghabiskan waktu dalam seminggu ± 11 jam, serta berada pada layanan internet dan Wi-fi di perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kecanduan internet pada remaja akhir, termasuk kedalam tipe kecanduan internet yang seperti apa pada remaja akhir, dan mengetahui bagaimana kepribadian introvert dan ekstrovert mempengaruhi perilaku kecanduan internet pada remaja akhir perpustakaan perguruan tinggi negeri di Surabaya.Dalam penelitian ini menggunakan dua teori besar kecanduan internet yaitu young internet addiction dan goldberg internet addiction . kemudian untuk mengukur kepribadian introvert dan ekstrovert menggunakan teori kepribadian Eysenk. Dari hasil analisa data yang diperoleh dapat diketahui bahwa remaja akhir cenderung masuk kedalam kecanduan internet dengan kategori tinggi. Beberapa indikasi dijelaskan didalam penelitian ini yang mengakibatkan remaja akhir masuk dalam kategori yang tinggi dalam kecanduan internet. Penelitian ini juga ditemukan fakta bahwa pilihan utama saat menggunakan internet adalah mengakses situs jejaring social. Dalam hal ini facebook dan twitter mendominasi jejaring social yang paling sering diakses oleh remaja. Kemudian remaja akhir yang memiliki kepribadian introvert mengalami kecanduan internet dengan kategori tinggi daripada ekstrovert. Kata Kunci : Kecanduan Internet, Kepribadian Introvert-Ekstrovert, Remaja Akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 46/11 Rof p Fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: INTERNET ; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
MOKHAMAD ROFID, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHelmy Prasetyo Y, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 01 Nov 2011 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 08:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16744
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item