MAKNA ASOSIASI SEKSUALITAS DALAM LAGU CAMPURSARI (Analisis Semiotik terhadap Lirik Lagu Campursari Penak Mlumah, Bokong Semok dan Cucak Rowo)

DORA WAHYU PERMATA, 070710129 (2011) MAKNA ASOSIASI SEKSUALITAS DALAM LAGU CAMPURSARI (Analisis Semiotik terhadap Lirik Lagu Campursari Penak Mlumah, Bokong Semok dan Cucak Rowo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-permatador-20602-fisk12-k.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-permatador-17279-fisk12-m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran musik campursari memberikan nuansa baru di tengah persaingan industri musik di Indonesia. Sebagai teks, lirik lagu campursari memuat makna asosiasi terhadap seksualitas yang dapat menjadi daya tarik dan menggelitik telinga. Selain itu, pemaknaan asosiasi terhadap seksualitas ini juga terkait dengan konteks budaya Jawa yang mengenal penggunaan makna asosiasi dalam berbagai karya sastra, relief, dan arca candi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang makna asosiasi seksualitas yang ada dalam lirik lagu campursari. Obyek penelitian yang dianalisis adalah lirik tiga lagu campursari antara lain “Penak Mlumah”, “Cucak Rowo”, dan “Bokong Semok”. Dalam menganalisis obyek penelitian tersebut, metode yang digunakan adalah metode semiotik Ferdinand de Saussure, dengan tipe penelitian kualitatif eksploratif. Unit analisis dari penelitian ini adalah kata dan kalimat dari ketiga lagu yang menjadi obyek penelitian. Kata dan kalimat ketiga lagu tersebut merupakan signifier dan konsep dari bahasa dalam lagu campursari bertindak sebagai signified. Analisis dikaitkan dengan seksualitas yang ada di masyarakat Jawa mengingat campursari merupakan salah satu produk budaya masyarakat Jawa. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh makna asosiasi seksualitas yang ada dalam lagu campursari antara lain makna asosiasi terhadap organ seks laki-laki dan perempuan, makna asosiasi tubuh perempuan, dan makna asosiasi aktivitas seksual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 12/11 Per m
Uncontrolled Keywords: SEMIOTIC ; SEX BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
M Music and Books on Music > M Music > M1627-1853 Folk, national and ethnic music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
DORA WAHYU PERMATA, 070710129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTitik Puji Rahayu, S.Sos., M.Comms.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16750
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item