Cara Berkomunikasi Remaja Perempuan Etnis Arab dengan Pacar

AZDI PAMUNGKAS MARSAM, 070517731 (2010) Cara Berkomunikasi Remaja Perempuan Etnis Arab dengan Pacar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-marsamazdi-20603-fisk13-i.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-marsamazdi-17280-fisk13-c.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan mendeskripsikan realita bagaimana cara berkomunikasi remaja perempuan etnis arab dengan pacarnya. Etnis Arab, khususnya diwilayah Kampung Arab daerah Ampel memiliki aturan serta norma yang sangat khusus dalam hal romantic relationship, yaitu hubungan romantis dilakukan setelah Pasangan Arab menikah dan pernikahan hanya dapat dilakukan dalam golongan yang sama. Melanggar norma ini sangat tidak dianjurkan terutama bagi Perempuan Arab, karena yang diketahui berpacaran akan dinasehati, dimarahi sampai dipukuli. Namun beberapa perempuan arab tetap menjalin hubungan romantic relationship sebelum menikah atau yang biasa disebut pacaran dan hal ini tidaklah mudah. Tinjauan pustaka yang dipakai oleh peneliti antara lain romantic relationship yang digunakan untuk melihat hubungan pacaran diantara kedua individu, bahasa verbal dan nonverbal dalam komunikasi interpersonal yang digunakan untuk dapat melihat bahasa verbal dan nonverbal yang digunakan, serta karakteristik Perempuan Arab di Kawasan Ampel untuk mengetahui karakter perempuan dalam penelitian ini. Cara berkomunikasi perempuan arab dengan pacarnya ternyata dilakukan secara rahasia dan tidak diketahui oleh orang lain dan juga orang tua. Hal ini bertujuan untuk tidak menarik perhatian serta untuk dapat menjaga keutuhan hubungan. Cara berkomunikasi yang dipakai lebih banyak dilakukan dengan meniadakan kontak fisik dan pertemuan, sehingga Perempuan Arab lebih sering menggunakan media-media tertentu untuk menjaga arus komunikasi diantara mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 13/11 Mar c
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION IN ETNIC ARABIC
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
AZDI PAMUNGKAS MARSAM, 070517731UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. S. Andarini, Dra., S.UUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 08:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item