Pembingkaian Berita Seputar Pasangan Calon Walikota-Calon Wakil Walikota pada PEMILUKADA Surabaya 2010 di Portal Media Online beritajatim.com dan suarasurabaya.net (Analisis Framing pada Media Massa Online)

SUNDARI, 070610196 (2010) Pembingkaian Berita Seputar Pasangan Calon Walikota-Calon Wakil Walikota pada PEMILUKADA Surabaya 2010 di Portal Media Online beritajatim.com dan suarasurabaya.net (Analisis Framing pada Media Massa Online). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sundari-20609-fisk18-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-sundari-17289-fisk18-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita politik pada media yang berbeda, selain media cetak. Pada penelitian yang pernah ada, pembingkaian berita politik biasanya dilihat dari media massa tradisional yaitu cetak. Oleh karena itu, peneliti ingin mengamati pemberitaan media terhadap berita politik namun media yang digunakan adalah media online. Karena, selain media online saat ini sudah semakin banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Media online mempunyai karakteristik media yang berbeda dengan sebelumnya. Aktualitas, keringkasan dan kejelasan berita menjadi point penting di media online. Penelitian ini mengamati pemberitaan politik seputar pasangan cawali dan cawawali dalam PEMILUKADA Surabaya pada dua portal berita online yang mengkhususkan pada peristiwa seputar Jawa Timur terutama Surabaya, yakni beritajatim.com dan suarasurabaya.net. peneliti menganalisis pemberitaan kedua media online tersebut secara kualitatif dengan metode analisis framing yang diformulakan Pan dan Gerald M. Kosicki. Berdasarkan analisis framing dari Pan dn Kosiscki tersebut, pemberitaan media online akan teridentifikasikan berdasarkan unsur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Sehingga, pada akhirnya dapat diidentifikasikan secara keseluruhan pemberitaanmasing-masing portal berita online terhadap fenomena tersebut dengan topic pemberitaan yang sama dan dan juga terdapat pemberitaan kelima calon walikota atau wakil walikota. Dari analisis framing terhadap pemberitaan yang sama pada dua media online tersebut, dapat diidentifikasikan pembingkaian berita pada dua portal berita online yakni, beritajatim.com dan suarasurabaya.net. Karena media yang digunakan adalah media online, pembingkaian dilakukan dengan mengikuti kharakteristik media online pula. Media online tidak menggunakan subjudul, tidak menggunakan grafis dan tidak banyak menggunakan tema atau latar belakang hal ini disebabkan karakteristk media online yang singkat, padat, jelas dan dapat dipahami secara cepat. Hal ini menyebabkan pembingkaian sulit untuk dilihat keberpihakanya, karena tulisan yang dibuat cenderung datar tanpa ada penekanan pada salah satu calon walikota atau calon wakil walikota. Kata kunci : Konstruksi media, framing, media online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 18/11 Sun p
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA ; POLITICAL ASPECTS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SUNDARI, 070610196UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTitik Puji Rahayu, S.Sos., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 08:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16756
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item