KONTROL ORANG TUA TERHADAP ANAK REMAJA AWAL TENTANG PENGGUNAAN INTERNET DI DALAM RUMAH DI SURABAYA

M. YUSUF K. WARDHANY, 070610126 (2011) KONTROL ORANG TUA TERHADAP ANAK REMAJA AWAL TENTANG PENGGUNAAN INTERNET DI DALAM RUMAH DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wardhanymy-20616-fisk27-k.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16763.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai bagaimana kontrol orang tua kepada anak remaja awal tentang penggunaan internet di dalam rumahsehingga sebagai suatu teknologi baru yang memang ada sisi negatif serta positifnya, penggunaan internet dapat di kontrol oleh orang tua kepada anaknya terutama yang sesuai dengan sasaran pada penelitian ini adalah anak remaja awal. Hal ini dikarenakan dengan adanya teknologi baru yaitu internet di dalam kehidupan sebuah keluarga, hal itu dapat menyebabkan suatu reschedulling dalam keluarga. Reschedulling merupakan penjadwalan kembali kegiatan sehari-hari, dimana setiap keluarga memiliki kegiatan yang menjadi rutinitas sehari-hari dan dapat berubah dengan adanya media. Sebagai bahan perbandingan, sebuah penelitian di Amerika menjelaskan bahwa pergeseran sebuah media pada saat ini terlihat lebih individualistis, kurang berpusat pada keluarga dan penggunaan tanpa alasan cukup jelas dengan media digital yang lebih baru, khususnya di antara para remaja (Wartella, 2004 : 595 ). Hal inilah yang menjadi fokus dalam penelitian ini, dimana antara orang tua dan anak harus mempunyai suatu komunikasi yang baik agar para orang tua dapat mengkontrol segala perilaku anak khususnya dalam penggunaan internet di dalam rumah, sehingga penelitian ini ingin meneliti mengenai Bagaimanakah kontrol orang tua kepada anak remaja awal tentang penggunaan internet di dalam rumah. Penelitian ini dilakukan di kota Surabaya yang di karenakan Surabaya memiliki indeks pengguna internet di dalam rumah yang lebih tinggi dibandingkan kota-kota yang lain di jawa timur menurut data terbaru dari Badan Pusat Statistik Propinsi Jawa Timur (hasil Susenas 2008), disamping itu penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dimana pada prosesnya lebih menggunakan metode analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan komunikasi antara orang tua dan anak remaja awal terhadap keberadaan internet dalam keluarga. Peneliti menggunakan in-depth interview dalam melakukan penelitian untuk mendeskripsikan wawancara-wawancara mendalam sebagai data dalam penelitian. Setelah melakukan penelitian, peneliti memperoleh sebuah hasil bahwa dalam penelitian ini setiap keluarga mempunyai cara kontrol masing-masing dalam hal penggunaan internet didalam rumah dimana hal tersebut tergantung dari tipe keluarga serta pola asuh yang diberikan orang tua terhadap anak-anaknya khususnya anak remaja awal mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 27/11 War k
Uncontrolled Keywords: PERFOMANCE STANDARD ; INTERNET
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM661-696 Social control
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7120-7197 Persons > K7155-7197 Domestic relations. Family law > K7181-7197 Parent and child. Guardian and ward
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. YUSUF K. WARDHANY, 070610126UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 16:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16763
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item