tudi Semiotik Role Model Gadis Jepang Dalam Komik Tsubomi�s Secret Edisi Bahasa Indonesia

ANGELIA UTAMI WIJAYA, 070417419 (2011) tudi Semiotik Role Model Gadis Jepang Dalam Komik Tsubomi�s Secret Edisi Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-wijayaange-20636-fisk04-k.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16765.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Membaca komik selalu saja diidentikkan sebagai sebuah kegiatan yang sia-sia dan hanya bermanfaat untuk menghibur diri saja. Dengan fungsinya yang hanya sebagai media hiburan tentu saja komik tidak mendapatkan tempat yang sejajar dengan surat kabar ataupun majalah. Namun anggapan tersebut mulai bergeser sejak tahun 2002, saat komik mulai menancapkan kukunya dalam peredaran media massa cetak. Oplah penjualan komik semakin meningkat karena terdapat pula peningkatan kualitas mutu dan penceritaan pada komik tersebut. Cerita, tema dan gambar yang bervariatif membuat target segmen pembaca komik semakin luas,hal tersebut memacu adanya minat baca komik yang tinggi pada smua kalangan. Dalam penelitian ini penulis ingin membuka dengan jelas sebuah penggambaran tentang role model seorang gadis Jepang yang diwakili oleh sosok Tsubomi Kusakabe dalam komik semi-edukasi yang berjudul Tsubomi’s Secret. Penulis menyelidiki ciri-ciri role model yang ada pada gadis Jepang melalui penggambaran kondisi fisiknya, penggambaran sikap/karakteristiknya serta penggambaran busana yang digunakan. Untuk dapat menganalisis data-data yang berupa rangkaian gambar dengan tulisan dengan lebih mendetail maka peneliti memilih untuk menggunakan metode semiotik dari Pierce. Dengan membagi data yang ada kedalam ikon, indeks dan simbol, peneliti berharap akan dapat menganalisis dengan lebih jelas dan terperinci. Kesimpulan dari penelitian ini adalah role model seorang gadis Jepang yang memiliki idealisme mengenai kondisi fisik yang ideal (atletis) serta memiliki kematangan secara fisik. Role model gadis Jepang itu juga digambarkan sebagai sesosok memiliki hati yang lembut yang namun juga tangguh (tegas) dalam bersikap. Gadis Jepang juga telah memiliki style-nya (kecenderungan) masing-masing dalam berbusana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 04/11 Wij s
Uncontrolled Keywords: SEMIOTICS ; COMIC
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ANGELIA UTAMI WIJAYA, 070417419UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachma Ida, Dra., PhdUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 16:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16765
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item