POTRET FEMININITAS PRESENTER LAKI-LAKI DALAM PROGRAM MUSIK DAHSYAT DI RCTI

WITA NUGGRAHINI POERWITASARI, 070710353 (2011) POTRET FEMININITAS PRESENTER LAKI-LAKI DALAM PROGRAM MUSIK DAHSYAT DI RCTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-poerwitasa-20662-fisk29-k.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-poerwitasa-17335-fisk29-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Femininitas pada presenter laki-laki merupakan hal yang tengah marak dalam industri media saat ini. Keberadaan mereka seakan mampu memberikan suasana ‗baru‘ di antara laki-laki maskulin dan perempuan feminin. Perilaku feminin yang sering diidentikkan dengan perempuan ternyata juga ikut dilakukan oleh laki-laki dalam hal ini oleh presenter musik di televisi. Penelitian ini bertujuan menggambarkan potret femininitas presenter laki-laki di program musik Dahsyat RCTI yakni Olga Syahputra dan Raffi Ahmad. Obyek penelitian yang akan dianalisis adalah scene-scene di beberapa edisi program musik Dahsyat yang menampilkan sisi feminin presenter Olga dan Raffi. Dalam menganalisis obyek penelitian tersebut, metode yang digunakan adalah metode semiotik Fiske, dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Unit analisis dari penelitian ini adalah paradigma dan sintagma yang terdapat pada level realitas, representasi dan ideologi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa sosok laki-laki maskulin juga memiliki sisi feminine yang mana ditunjukkan dengan berbagai cara seperti bahasa tubuh, dialog, dan kostum. Femininitas yang direpresentasikan oleh kedua presenter laki-laki muncul sebagai sesuatu yang dapat dipelajari dan ditiru. Faktor-faktor eksternal seperti setting dan orang lain ikut mempengaruhi representasi femininitas kedua presenter laki-laki. Penampilan femininitas presenter laki-laki maskulin yang diwakili oleh Raffi ternyata berbeda dengan yang ditampilkan oleh Olga sebagai laki-laki feminin. Pembentukan femininitas pada diri kedua presenter laki-laki ini ikut didukung oleh praktek-praktek media. Dalam hal ini, ideologi kapitalis ternyata menjadikan femininitas laki-laki sebagai komoditas di industri televisi. kata kunci : femininitas, presenter laki-laki, semiotik Fiske

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 29/11 Poe p
Uncontrolled Keywords: FEMINISM ; SEMIOTIC ; PROGRAMMING TELEVISION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WITA NUGGRAHINI POERWITASARI, 070710353UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKandi Aryani Suwito, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Nov 2011 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 09:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item