Studi Opini Remaja Surabaya Pengguna Provider Telkomsel terhadap Mobile Advertising dari Telkomsel dalam bentuk SMS

MARIA CHITRA ASTRIANA H., 070710014 (2011) Studi Opini Remaja Surabaya Pengguna Provider Telkomsel terhadap Mobile Advertising dari Telkomsel dalam bentuk SMS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mariachitr-20678-fisk35-k.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-mariachitr-17347-fisk35-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenoma mobile advertising di Indonesia masih tergolong baru. Telkomsel, sebuah brand leader untuk kategori provider di Indonesia, baru secara resmi meluncurkan fitur Mobile Advertising pada 24 Februari 2010 lalu. Melalui fitur tersebut, Telkomsel membuka kesempatan untuk pengiriman pesan komersial kepada pelanggan Telkomsel dengan berbagai cara, salah satunya adalah lewat pengiriman SMS iklan. SMS iklan Telkomsel merupakan satu bagian kecil dari keseluruhan kegiatan mobile advertising yang dijalankan oleh Telkomsel, tetapi merupakan fitur paling sederhana dan dapat dilakukan pada seluruh pelanggan Telkomsel dengan tipe telepon selular apapun. Dalam penelitian ini, Peneliti ingin melihat bagaimana opini remaja Surabaya pengguna provider Telkomsel terhadap mobile advertising dari produk Telkomsel. Untuk mengukur opini tersebut, digunakan model AIDA yang membagi tingkatan respon dari tahapan attention, interest, desire, dan action. Penelitian ini melihat opini yang terbentuk pada tahapan afektif, yaitu attention dan desire. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data survei. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan teknik multistage cluster random sampling terhadap 100 orang responden, remaja Surabaya berusia 15-18 tahun, pengguna provider Telkomsel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan opini yang terbentuk dari remaja Surabaya terhadap mobile advertising Telkomsel bersifat unfavorable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 35/11 Mar s
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING- MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
MARIA CHITRA ASTRIANA H., 070710014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYan Yan Cahyana, Drs., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 08:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item