EKSPRESI CINTA TANAH AIR DALAM LAGU PUNK ROCK INDONESIA

ANGELIA RANI RACHMAWATI, 070417421 (2011) EKSPRESI CINTA TANAH AIR DALAM LAGU PUNK ROCK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Ekspresi Cinta.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rachmawati-17350-fisk36-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang bagaimana cinta tanah air diekspresikan dalam lagu punk rock Indonesia. Lagu punk rock dipilih untuk melihat bagaimana genre musik yang diidentikkan dengan pesimisme dan semangat pemberontakan dapat mengekspresikan rasa cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan metode semiotik denotasi dan konotasi Barthes karena metode ini dapat mengungkap lebih dalam makna di balik lagu punk rock Indonesia yang bertema cinta tanah air. Unit analisis penelitian ini adalah teks lagu punk rock Indonesia yang meliputi lirik dan karakter musikalitasnya. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa cinta tanah air diekspresikan terutama melalui lirik yang menggambarkan dengan jujur kondisi bangsa dan negara dengan tidak meninggalkan ciri khas musik punk rock umumnya. Lagu punk rock Indonesia mengekspresikan bahwa cinta tanah air tidak hanya ditunjukkan dengan rasa bangga akan potensi dan kelebihan bangsa dan negara kita. Rasa cinta tanah air lebih penting lagi ditunjukkan melalui tindakan nyata yang dilakukan ketika bangsa dan negara sedang dalam kondisi yang sulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PUNK ROCK MUSIC ; SEMIOTIC
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ANGELIA RANI RACHMAWATI, 070417421UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachma Ida, Dra., M.Comm, PhdUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 08:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16775
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item