POTRET ISTRI DALAM FILM BERTEMA ISLAM DI INDONESIA (Analisis Semiotik Penggambaran Istri Dalam Film Ketika Cinta Bertasbih dan Ayat- Ayat Cinta)

RISKY WIDIA PUSPITASARI, 070710104 (2011) POTRET ISTRI DALAM FILM BERTEMA ISLAM DI INDONESIA (Analisis Semiotik Penggambaran Istri Dalam Film Ketika Cinta Bertasbih dan Ayat- Ayat Cinta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-puspitasar-20693-fisk55-k.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-puspitasar-17361-fisk55-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Maraknya kemunculan film yang bertema Islam dan produk media lain yang mengusung ajaran suatu agama adalah hal yang wajar saat ini. Menggunakan tokoh perempuan yang dijadikan tokoh sentral dalam film-film tersebut. Dengan maraknya simbol-simbol keagamaan yang ada di media. Masyarakat seakan berbondong-bondong untuk mengikuti apa yang ditunjukkan dalam film. Mulai dari penampilan atau sampai pada perilaku dan pemikiran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan potret istri dalam film bertema Islam di Indonesia. Sebagai objek penelitian adalah tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih dan tokoh Aisha dalam film Ayat-ayat Cinta. Objek penelitian yang akan dianalisis adalah beberapa scene yang menampilkan sosok istri tersebut. Dalam menganalisis objek penellitian tersebut, metode yang digunakan adalah metode semiotik Fiske, dengan tipe penelitian kualitatif deskripstif. Unit analisis dari penelitian ini adalah paradigma dan sintagma yang terdapat dalam level realitas, representasi dan ideologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosok istri digambarkan secara tidak tunggal dalam film-film religi tersebut. Tergantung siapa yang menciptakan representasi tersebut. Representasi yang ditampilkan dapat berupa sosok istri muslimah yang progresif atau tradisional atau keduanya. Adanya ideologi feminisme dan patriarki ditampilkan secara kontradiktif dalam kedua film tersebut. Penggambaran istri dalam film bertema Islam di Indonesia juga didukung oleh paraktik-praktik media. Kapitalisme media juga menjadikan segala yang berbau religi menjadi komoditas mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 55/11 Pus p
Uncontrolled Keywords: GENDER ; MATION PICTURE FILM ; SEMIOTIC FISKE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RISKY WIDIA PUSPITASARI, 070710104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRatih Puspa, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 06:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item