Pengaruh academic stressor terhadap kinerja akademik mahasiswa dengan variabel moderator academic climate pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga

IRMA PUSPA RANI, 040510695 (2013) Pengaruh academic stressor terhadap kinerja akademik mahasiswa dengan variabel moderator academic climate pada mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-raniirmapu-22241-5.abstr-k.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mahasiswa, adalah kelompok sangat rentan terhadap stres karena sifat transisi memasuki kehidupan kuliah. Tingkat stres yang tinggi bisa menjadi ancaman bagi mahasiswa untuk pencapaian kinerja akademik yang baik. Dengan kata lain mahasiswa dihadapkan pada aktivitas akademik yang sangat tinggi dan dalam waktu yang bersamaan sehingga dapat mengganggu prestasi akademiknya. Academic stressor merupakan sumber stressor bagi mahasiswa yang berpengaruh negatif pada kinerja akademik mahasiswa, yang telah dikaitkan dengan munculnya stres pada mahasiswa. Di sisi lain pengaruh positif dari lingkungan akademik juga dirasakan oleh mahasiswa. Melalui upaya pengelolaan lingkungan akademik (academic climate) yang baik, diharapkan dapat mengurangi beban mahasiswa untuk menghadapi academic stressor,sehingga membantu menunjang kegiatan mahasiswa untuk peningkatan pencapaian kinerja akademiknya yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh moderasi academic climate terhadap hubungan antara academic stressor dengan kinerja akademik mahasiswa. Penelitian dilakukan pada mahasiswa prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dengan jumlah sampel 100 orang responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi moderasi. Variabel bebas dalam penelitian adalah academic stressor (X), variabel moderator adalah academic climate (Z), dan variabel terikat adalah kinerja akademis (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan academic stressor antara mahasiswa tiap semester (semester 2, 4, 6, dan 8) prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, dan juga menunjukkan bahwa academic stressor berpengaruh signifikan terhadap kinerja akademik mahasiswa prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, terbukti, karena memiliki nilai signifkansi (Sig) t sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai tingkat signifkansi () sebesar 5% (0,05), serta academic climate terbukti memoderasi pengaruh academic stressor terhadap kinerja akademik mahasiswa prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, karena nilai signifikansi (Sig) t variabel interaksi antara academic stressor dengan academic climate (XZ) sebesar 0,041 lebih kecil dari nilai tingkat signifkansi  sebesar 5% (0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.284/12 Ran p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
IRMA PUSPA RANI, 040510695UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArif Firmansyah, SE., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 09 Jan 2013 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 02:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item