SEKSUALITAS DALAM LIRIK LAGU (Analisis Semiotik terhadap Lirik Lagu "Lakukan dengan Cinta", "Sakit Minta Ampun" dan "Cinta Terlarang")

SULUHATI KUSMAWARDI, 070710535 (2011) SEKSUALITAS DALAM LIRIK LAGU (Analisis Semiotik terhadap Lirik Lagu "Lakukan dengan Cinta", "Sakit Minta Ampun" dan "Cinta Terlarang"). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kusmawardi-20801-fisk53-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kusmawardi-17363-fisk53-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seksualitas yang direpresentasikan pada lirik lagu “Lakukan dengan Cinta”, “Sakit Minta Ampun”, dan “Cinta Terlarang”. Pada penulisan lagu-lagu pop komersial seksualitas telah menjadi sebuah sebuah elemen penjualan penting yang dimasukkan oleh pencipta lagu agar lagu-lagunya laris di pasaran (Feridewo, 2008, [online]). Dalam menganalisis obyek penelitian tersebut, metode yang digunakan adalah metode semiotik Ferdinand Saussure. Metode semiotik ini dipilih karena semiotik Saussure menekankan pada bahasa dimana lirik lagu merupakan rangkaian kata dan kalimat yang terbentuk dari bahasa. Unit analisis dari penelitian ini adalah kata dan kalimat dari ketiga lagu yang menjadi obyek penelitian. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh interpretasi dari ketiga lirik lagu. Pada lirik lagu “Lakukan dengan Cinta” ditemukan interpretasi tentang bercinta sebagai perilaku seksual, ketimpangan relasi seksual, dan tubuh perempuan sebagai obyek seksual laki-laki. Pada lirik lagu “Sakit Minta Ampun” ditemukan interpretasi tentang bahaya anal seks dan ketimpangan relasi seksual. Sedangkan pada lirik lagu “Cinta Terlarang” ditemukan interpretasi tentang homoseksualitas sebagai orientasi seksual yang terlarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. K. 53/11 Kus s
Uncontrolled Keywords: SONGS- LANGUAGES ; SEXULITY
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
SULUHATI KUSMAWARDI, 070710535UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKandi Aryani Suwito, S.Sos., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item