TRANSFER INFORMASI DENGAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN (Studi Deskriptif Transfer Informasi dengan Teknologi Pembelajaran melalui Strategi Blended Learning di Universitas Kristen Petra Surabaya)

CICILIA BUNGA WIDI, 070710272 (2011) TRANSFER INFORMASI DENGAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN (Studi Deskriptif Transfer Informasi dengan Teknologi Pembelajaran melalui Strategi Blended Learning di Universitas Kristen Petra Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-widicicili-20844-fisiip-k.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-widicicili-17490-fisiip-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Posisi informasi sudah bergeser menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat jaman sekarang. Berbagai pembahasan telah dilakukan para ahli mengenai perubahan ini. Peneliti lebih tertarik pada transfer informasi di bidang pendidikan atau yang lebih dikenal dengan istilah pembelajaran. Kegiatan pembelajaran mengalami perkembangan dengan bantuan teknologi. Berbeda dengan dulu dimana kegiatan pembelajaran masih berpusat pada pengajar, sekarang pelajar bisa mendapatkan pengetahuan dengan bantuan teknologi informasi. Bentuk pembelajaran tidak lagi berupa konvensional (tatap muka) tetapi juga e-learning (pembelajaran elektronik). E-learning merupakan jawaban yang pas untuk Negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dalam artian pembelajaran tidak terbatasi oleh ruang dan waktu sehingga memberikan kesempatan pada semua orang untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Namun, pada kenyataannya e-learning belum bisa diterapkan di Indonesia karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak merata di seluruh wilayah Indonesia. Pembelajaran yang diterapkan di Indonesia pada umumnya adalah Blended Learning (pembelajaran campuran). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi teknologi informasi dalam blended learning. Blended Learning merupakan penggabungan pembelajaran konvensional dengan e-learning. Segala keuntungan dari pembelajaran konvensional dan e-learning bisa didapatkan dengan cara ini. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif survey dengan lokasi penelitian di Universitas Kristen Petra yang dipilih secara random dari seluruh universitas di Surabaya. Responden merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dengan jumlah sampel minimum yaitu 85 orang yang diambil secara random. Hasil dari penelitian ini adalah variabel pembelajaran di lokasi penelitian berjalan dengan baik, pengembangan perancangan pembelajaran dirasa efektif serta praktek blended learning sesuai dengan yang diungkapkan Brent (2002) dimana responden melakukan belajar mandiri namun tidak meninggalkan interaksi dengan kelompok dengan melakukan transfer informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 50/11 Wid t
Uncontrolled Keywords: BLENDED LEARNING ; INFORMATION TECHNOLOGY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2366-2367.75 College examinations
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
CICILIA BUNGA WIDI, 070710272UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYunus Abdul Halim, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 05:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16786
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item