PERILAKU DAN MOTIVASI GAME ONLINE DIKOMUNITAS (Studi Deskriptif Tentang Perilaku dan Motivasi Komunitas Gamers ARMY dan ACN di Surabaya dalam Bermain, Jenis aktivitas dan Motivasi Game Online)

NAVISA. INDIRA (2011) PERILAKU DAN MOTIVASI GAME ONLINE DIKOMUNITAS (Studi Deskriptif Tentang Perilaku dan Motivasi Komunitas Gamers ARMY dan ACN di Surabaya dalam Bermain, Jenis aktivitas dan Motivasi Game Online). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-navisaindi-20845-fisiip-k.pdf

Download (339kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini bermain game online sangat populer dikalangan remaja. Kehadirannya sangat membuat para pemain mempunyai dampak yang tidak disangka karena permainan secara online ini tidak hanya bisa untuk bermain tetapi bisa untuk berkomunikasi bermain bersama tanpa bertatap muka sekalipun. Game Online saat ini juga sangat mempengaruhi para remaja hingga mereka membentuk komunitas dan mempunyai motivasi-motivasi yang unik dalam bermain game sehingga mereka semakin addicted dengan game online ini. Dengan adanya fenomena-fenomena itulah peneliti ingin mengetahui gambaran perilaku bermain game online dikomunitas gamers, jenis aktivitas, dan motivasi yang mereka lakukan sehingga mereka ketagihan dalam bermain game. Hasil penelitian ini adalah dimana pemain game online dan tergabung dalam komunitas sangat didominasi oleh perempuan dan hasil jenis game yang paling sering dimainkan dan hingga sering membawa mereka mengikuti turnamen adalah jenis game bernama Dota, berdasarkan intensitas dan durasi mereka bermain sangat menunjukkan bahwa mereka sangat addicted terhadap game online lalu untuk motivasi yang mereka gunakan adalah motivasi achievement (prestasi), motivasi social (sosial), dan motivasi immersion (penghayatan). Dalam motivasi achievment mereka lebih banyak menggunakan motivasi competition atau kompetesi dalam game secara nyata seperti mengikuti turnamen atau lomba game dan Advancement (kemajuan) dalam karakter game yang membuat mereka ingin selalu bermain game setiap hari, untuk motivasi sosial mereka lebih mengutamakan socializing dalam berteman atau mempunyai partner baru dalam game dan team work dalam game, sedangkan untuk motivasi immersion (penghayatan) mereka lebih memilih Escapism (pelarian) alasan untuk selalu bermain game diwaktu luang, Customization (menciptakan keunikan) dalam meniru avatar dalam game, dan Role Playing (bermain peran) bermain peran seakan-akan pemain adalah avatar dalam game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 51/11 Nav p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: MOTIVATION ; ONLINE GAME
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
NAVISA. INDIRAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo Y, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 05:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16787
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item