KOMODITAS TANPA BATAS PADA MASYARAKAT KOTA (Studi Tentang Perilaku Konsumtif Mahasiswa Surabaya Pada Pakaian Brand Import)

ARNALDO F.W, 070610389 (2011) KOMODITAS TANPA BATAS PADA MASYARAKAT KOTA (Studi Tentang Perilaku Konsumtif Mahasiswa Surabaya Pada Pakaian Brand Import). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-arnaldofw-20915-fiss14-k.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-arnaldofw-17540-fiss14-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebuah media massa yang menjadi rujukan masyarakat kontemporer diduga membawa kepentingan tertentu. Berkat adanya emosi dan antusias dalam masyarakat kontemporer media memanfaatkannya untuk menciptakan kesadaran palsu yang ditawarkan dengan semacam simulacra. Simulacra seperti apa yang ada pada media massa yang menawarkan pakaian brand Import? dan bagaimana cara simulacra menebarkan kepalsuannya? Dengan menggunakan Semiurgi Baudrillard, penulis merasa bisa membongkar dan membeberkan simulacra seperti apakah yang berada pada media dan bagaimana simulacra tersebut menciptakan kesadaran palsu. Dalam penelitian ini kemudian ditemukan jika pola Konsumtif masyarakat mempunyai efek yang dimana masyarakat tidak menyadari telah dirabunkan pikirannya oleh media massa. Fenomena ini menjadi komoditas di era modern seperti sekarang, ditambah peran media yang ikut menyebarkan virus kapitalis, menyuburkan hal ini. Banyak media yang menghususkan diri membahas perkembangan fashion juga gaya hidup. Kemunculan media seperti ini membuat masyarakat menganggap wajar akan adanya kesadaran mereka dalam cara berpakaian. Kewajaran yang terbentuk, baik di alam bawah sadar maupun secara sadar, merupakan bukti kekuatan hegemoni yang dibangun oleh produsen-produsen merek pakaian ternama dunia. Status ekonomi, pertarungan kelas menjadi bahan terciptanya pola konsumtif yang dimana keinginan untuk eksis dan mengikuti perkembangan trend fashion hanya untuk mengejar identitas palsu yang di ciptakan oleh media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 14/11 Arn k
Uncontrolled Keywords: SIMULACRA ; IN MASS MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
ARNALDO F.W, 070610389UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEdy Herry Pryhantoro, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Nov 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 01:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16812
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item