PROSES ADAPTASI Studi Kasus Pada Korban Penggusuran Middle East Ring Road (MERR IIC) Medokan Semampir � Surabaya

FARIDA KRISTANTI, - (2011) PROSES ADAPTASI Studi Kasus Pada Korban Penggusuran Middle East Ring Road (MERR IIC) Medokan Semampir � Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini terinspirasi dari maraknya kasus penggusuran yang terjadi di Kota Surabaya untuk kepentingan fasilitas umum. Studi ini mengkaji proses adaptasi serta siasat para korban penggusuran untuk menaikkan harga ganti rugi rumah atau lahannya yang terkena penggusuran pembangunan jalan lingkar-tengah timur (MERR IIC) di kawasan Medokan Semampir. Secara teoritis, kajian ini menggunakan perspektif James Coleman mengenai pilihan rasional. Penjelasan teoritik di dalam kajian ini memfokuskan pada aktor serta sumber daya. Aktor adalah seseorang yang melakukan tindakan berdasarkan sesuatu yang menurut ia menarik atau memiliki nilai. Sumber daya itu sendiri adalah sesuatu yang dapat dikontrol oleh aktor. Studi kasus adalah metode yang dipilih dalam kajian ini. Selain itu, pemilihan informan dengan cara purposive yang telah ditentukan kriterianya. Dari serangkaian tahapan metodologis yang telah dilakukan, maka kajian ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama,korban penggusuran MERR IIC bisa beradaptasi dengan situasi penggusuran yang ada dan yang memiliki sumber daya yang maksimal dapat menjadi oembonceng gratis dari situasi penggusuran MERR IIC ini. Kemudian, mengenai siasat yang dilakukan untuk mendapatkan ganti rugi besar dari penggusuran tersebut dengan cara memaksimalkan bangunan rumah yang sudah ada agar dapat menaikkan nilai ganti rugi yang didapta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 09/11 Kri p
Uncontrolled Keywords: SEGREGATION ; RURAL DEVELOPMENT
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
FARIDA KRISTANTI, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDoddy Soembodo Singgi, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 19:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item