FENOMENA KOMUNITAS HACKER (Studi Interpretatif Tentang Interaksi Dan Makna "Hacking" Pada Komunitas Hacker Di Dunia Maya)

ADI SUHENDRA, - (2011) FENOMENA KOMUNITAS HACKER (Studi Interpretatif Tentang Interaksi Dan Makna "Hacking" Pada Komunitas Hacker Di Dunia Maya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-suhendraad-20989-fiss16-k.pdf

Download (337kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komunitas hacker merupakan sekumpulan orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer. Komunitas hacker dapat diartikan juga sebagai sebagai sebuah kelompok orang yang mempunyai kecintaan dan kegemaran yang sama terhadap dunia komputer. Fokus penelitian ini adalah bagaimana mengetahui terbentuknya seorang hacker, memahami bagaimana pemaknaan seorang hacker terhadap sebuah perilaku “hacking”, dan mengetahui bagaimana interaksi-interaksi yang terjalin dalam komunitas hacker tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan kerangka teori yang menekankan pada unsur pemaknaan konstruksi sosial Peter L Berger dan Interaksionisme simbolis Herbert Blumer. Motode prosedur penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan kualitatif interpretatif. Penentuan informan menggunakan cara purposive dan pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung (observasi) dan melakukan wawancara secara mendalam (indepth interview). Dari hasil penelitian ini, didapatkan beberapa alasan hacker melakukan kegiatan hacking. Alasan tersebut adalah tantangan dan rasa penasaran, menaikkan tingkat kemahiran, iseng atau jahil, ingin mendapatkan file dengan download secara gratis, dan spionase atau pengintaian. Selanjutnya interaksi yang terjalin dalam komunitas hacker adalah adanya interaksi yang berbentuk sebuah kerja sama dan berbentuk konflik. Interaksi Positif kerja sama, dilakukan dengan menggunakan media “sharing” sebagai metode belajar dalam komunitas, belajar bersama dalam sebuah forum komunitas. Sedangkan interaksi yang berbentuk negatif, adalah adanya konflik individu dengan komunitas, dan konflik komunitas dengan antar komunitas. Dalam dunia internet, komunitas hacker merupakan komunitas virtual yang berdiri dan berkembang di dunia maya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 16/11 Suh f
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CHANGE ; CYBER TRADE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADI SUHENDRA, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 21 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item