PERILAKU KESEHATAN PENDERITA TB PARU ( Studi tentang Makna Penyakit TB Paru dan Perilaku Sakit Penderita TB Paru di Pemukiman Nelayan Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota Surabaya )

RAHADIAN HAPPY HIMAWAN (2011) PERILAKU KESEHATAN PENDERITA TB PARU ( Studi tentang Makna Penyakit TB Paru dan Perilaku Sakit Penderita TB Paru di Pemukiman Nelayan Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Kota Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-himawanrah-20995-fiss23-k.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit tuberculosis atau TB paru atau yang lebih dikenal di masyarakat TBC merupakan penyakit yang diakibatkan oleh mycobacterium tuberculosis yang dapat menular hanya dengan lewat air liur dan saluran udara. TB paru merupakan salah satu penyakit tropis yang tumbuh subur di Indonesia sebagai salah satu Negara di daerah tropis. Itu terbukti dari data WHO bahwa Indonesia merupakan penghasil penderita TB paru ketiga di dunia. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah melihat pemaknaan pengidap TB paru terhadap penyakit tersebut beserta perilakunya dan tindakan pencegahan yang dilakukan dalam menanggulangi penyakit TB paru di lingkungan sekitarnya. Teori yang di gunakan unutk menjawab permasalahan penelitian ini adalah teori Suchman yang membahas tentang pola sosial dan perilaku sehat, serta teori Peter L. Berger dan Thomas Luckmann yang membahas konstruksi masyarakat. Untuk menjawab penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang ditujukan pada penderita TB paru. Penderita TB Paru yang menjadi informan adalah informan yang tergolong dalam penderita TB BTA (+). Data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara menggunakan guide interview, serta memanfaatkan data dari media online, buku dan referensi tentang penelitian terdahulu. Penyajian data dilakukan dengan teknik kualitatif interpretative yang dilakukan dengan reduksi data lalu dilakukan penarikan kesimpulan dari hasil reduksi data tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah respon dan tindakan penderita TB paru masih sangat kurang akibat sosialisasi dan pengetahuan yang kurang mengenai penyakit TB paru secara detail sehingga tindakan antisipasi baru dilakukan setelah positif terkena TB paru dan hal itu didukung dengan perilaku kesehatan yang buruk seperti pola hidup tidak bersih dengan tidak menjaga kebersihan rumah dan pendidikan serta pengetahuan tentang penyakit dan penanggulangan TB paru tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 23/11 Him p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: HEALTH BEHAVIOR ; TUBERCOLOSIS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
RAHADIAN HAPPY HIMAWANUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 21 Nov 2011 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 03:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16833
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item