PEMAKNAAN JOGER PADA MASYARAKAT BALI (Studi Deskriptif Mengenai Pembentukan Kesadaran Masyarakat Bali pada JOGER Ditinjau dari Perspektif Bergerian)

DIDY KUSHADI, - (2011) PEMAKNAAN JOGER PADA MASYARAKAT BALI (Studi Deskriptif Mengenai Pembentukan Kesadaran Masyarakat Bali pada JOGER Ditinjau dari Perspektif Bergerian). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang pemaknaan JOGER pada Masyarakat Bali. JOGER merupakan pabrik kata-kata atau industri garmen yang menjual sebuah T-Shirt yang di dalamnya tertulis kata-kata maupun simbol-simbol yang lucu, nyeleneh dan unik. Simbol-simbol tersebut dianggap sakral oleh masyarakat Bali. Sehingga perlu adanya kajian kajian tentang pemaknaan JOGER pada masyarakat Bali. merujuk pada latar belakang tersebut maka fokus permasalahan yang akan dikaji. Diharapkan penelitian ini mampu memberikan manfaat dan tujuan yang bisa digunakan dan bisa diaplikasikan pada kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif untuk mendapatkan uraian dan gambaran yang sangat jelas mengenai pemaknaan subjek terhadap produk JOGER. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Kelengkapan data sekuder dalam penelitian ini diperoleh melalui jurnal, artikel baik dalam internet maupun media cetak. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah individu-individu yang mempu mengenal dan menjelaskan permasalahan diantaranya Tokoh Agama, Tokoh Budayawan dan Tokoh Masyarakat. Teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berger menjadi pisau analisis dalam menjalaskan realitas pemaknaan subjek. Penekanan teori konstruksi sosial ini pada proses terbentuknya struktur kesadaran yang dimiliki oleh masyarakat Bali, dan bagaimana struktur kesadaran tersebut mempengaruhi proses produk-produk yang ada di JOGER. Dialektika simultan (eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi) akan memberikan penjelasan yang komprehensif mengenai terbentuknya struktur kesadaran yang membentuk pengetahuan subjek dalam memberikan pemaknaan. Dari hasil penelitian ini, JOGER dipandang sebagai Pabrik kata-kata dimana dalam produknya yang berupa T-Shirt membuat sebuah tulisan/kata-kata yang sangat lucu dan nyeleneh membuat para wisatawan menyukai produk tersebut. JOGER sebagai produk Budaya modern juga tidak dianggap individu akan menggangu kelestarian Budaya asli Bali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 48/11 Kus p
Uncontrolled Keywords: CORPORATE CULTURE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
DIDY KUSHADI, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16842
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item