PENDIDIKAN GRATIS (Studi Fenomenologi tentang Program pendidikan Gratis dalam Keluarga miskin di Kec. Mayangan, Kota Probolinggo)

RIDHOWATI SAPUTRI (2011) PENDIDIKAN GRATIS (Studi Fenomenologi tentang Program pendidikan Gratis dalam Keluarga miskin di Kec. Mayangan, Kota Probolinggo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-saputririd-21089-fiss52-k.pdf

Download (333kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari referensi beberapa sumber literatus yang dimiliki oleh peneliti serta pengalaman peneliti di lingkungan sekitar tentang anak rawan dalam keluarga miskin. Anak rawan itu sendiri merupakan pengertian tentang anak-anak yang mengalami tekanan sosial dan ekonomi sehingga hak-haknya terabaikan. Salah satu hak anak yang terabaikan adalah hak untuk memperolah pendidikan. Dalam penelitian ini peneliti membahas masalah dengan menggunakan teori Fenomenologi Alfred Schutz. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana anak-anak dan keluarga miskin memahami serta mendefinisikan pendidikan. penelitian ini menggunakan paradigm Definisi sosial dimana actor mendefinisikan situasi sosial mereka dan pengaruhnya terhadap tindakan dan integrasi berikutnya. Data yang didapat dari para informan dan hasil observasi dijabarkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode dan prosedur penelitian kualitatif. Peneliti menemukan bahwa actor mendefinisikan situasi sosial yang terjadi pada mereka berdasarkan pengalaman masa lalu. Seperti orang tua yang memahami pentingnya pendidikan berdasarkan pengalamannya yang tidak bersekolah serta pengaruhnya saat ini bagi keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 52/11 Sap p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: POVERTY ; EDUCATION
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) > L900-991 Directories of educational institutions
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIDHOWATI SAPUTRIUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDoddy S. Singgih, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 00:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16849
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item