DISKURSUS JIHAD DALAM ALIRAN ISLAM (Studi Deskriptif Wacana Jihad di Nahdlatul Ulama di Jawa Timur)

RIO SUMARDIKA (2011) DISKURSUS JIHAD DALAM ALIRAN ISLAM (Studi Deskriptif Wacana Jihad di Nahdlatul Ulama di Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-sumardikar-21093-fiss54-k.pdf

Download (335kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena terorisme yang mengatasnamakan Jihad di jalan Islam. Para pelaku terorisme yang sebagian besar penduduk Jawa Timur membuat organisasi Islam NU yang lahir dan besar di Jawa Timur tercoreng. Banyaknya wacana yang berkembang di masyarakat tentang jihad mendorong NU untuk meluruskan konsep jihad bagi para Nahdliyin agar tidak terjebak dalam konsep jihad yang negativ. Merujuk pada latar belakang tersebut maka penelitian ini menghasilkan dua fokus penelitian, yang pertama; bagaimana NU mendefinisikan jihad, dan yang kedua; apa saja yang diwacanakan NU untuk menyikapi isu-isu yang mengaitkan jihad dengan terorisme. Peneliti berharap mendapatkan manfaat dan tujuan yang berguna bagi kalangan akademisi dan masyarakat. Penelitian ini juga diharapkan agar dijadikan acuan agar masyarakat memandang jihad secara arif dan bijaksana. Peneliti menggunakan teori kuasa pengetahuan dari Michel Foucault sebagai pisau analisa dalam penelitian ini. Pada penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat studi. Sementara, untuk menggali data dilakukan dengan wawancara dan observasi dengan bantuan data literatur yang berkompeten. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah individu-individu yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan isu dan judul penelitian yakni pengurus ormas NU, Ulama, dan tokoh masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Jawa Timur, karena Jawa Timur merupakan tempat lahir dan besarnya NU. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wacana jihad dalam NU memiliki karakteristik yang cenderung kearah pemberdayaan bidang akademik, ekonomi dan politik. Wacana jihad dalam NU-pun cenderung menghindari praktik kekerasan bahkan mengecam praktik seperti ini. Dalam menyikapi isu-isu terorisme yang mengatsnamakan jihad, NU menolak bahkan mengecam bahwa praktik jihad yang diperagakan terorisme bukanlah jihad yang sesuai syariat Islam khususnya NU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.S. 54/11 Sum d (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: ISLAM AND POLITICS- INDONESIA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1-50 Religion (General)
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations > JZ4841-4848 Political non governmental organizations. NGOs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
RIO SUMARDIKAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item