KOMUNITAS SEPEDA MOTOR PRETELAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KETERLIBATAN ANAK DALAM KOMUNITAS SEPEDA MOTOR PRETELAN DI KOTA SURABAYA)

MUKHLISIN, - (2011) KOMUNITAS SEPEDA MOTOR PRETELAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG KETERLIBATAN ANAK DALAM KOMUNITAS SEPEDA MOTOR PRETELAN DI KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-mukhlisin-21095-fiss36-k.pdf

Download (353kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya anak-anak yang mengendarai sepeda motor dijalanan kota Surabaya dan juga terlibat dalam suatu komunitas sepeda motor pretelan. Fenomena ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian mengenai keterlibatan anak dalam komunitas sepeda motor pretelan di Kota Surabaya. Studi ini mengkaji bagaimana gambaran faktor-faktor yang melatarbelakangi anak-anak ini untuk masuk dan terlibat dalam komunitas sepeda motor pretelan, serta mengkaji bagaimana gambaran keterlibatan anak-anak dalam suatu komunitas sepeda motor pretelan. Teori yang digunakan dalam analisis penelitian ini yaitu Teori Belajar atau Teori Sosialisasi Edwin H. Sutherland yang membahas mengenai proses belajar ataupun motivasi serta dorongan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan prosedur penelitian kualitatif. Sementara untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan bantuan data sekunder seperti internet dan dokumentasi. Setelah melakukan tahapan penelitian, maka peneliti menghasilkan beberapa temuan data. Pertama, Terdapat 2 faktor yang melatarbelakangi keterlibatan anak dalam komunitas sepeda motor pretelan yaitu karena adanya faktor individu dan faktor lingkungan sosial. Kedua, anak-anak yang terlibat dalam komunitas sepeda motor pretelan ini berawal dari adanya suatu ajakan dari teman-teman terdekatnya, lalu mempelajari komunitas sepeda motor pretelan, setelah itu baru memutuskan untuk menjadi anggota dari komunitas sepeda motor tersebut. Sedangkan untuk proses perekrutan anggota baru, para senior atau anggota yang lebih dahulu terlibat dari komunitas ini hanya membutuhkan keberanian dari calon anggota baru tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 36/11 Muk k (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: LIFE STYLE-SOCIAL ASPEKS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
MUKHLISIN, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSudarso, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item