PREFERENSI KESEHATAN MASYARAKAT YANG TINGGAL DI PEMUKIMAN KUMUH (Studi Deskriptif Tentang Latar Belakang Keluarga Mengembangkan Perilaku dan Preferensi Kesehatan di Sepanjang Kali Jagir, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya)

NINDI ANNISA. K, - (2011) PREFERENSI KESEHATAN MASYARAKAT YANG TINGGAL DI PEMUKIMAN KUMUH (Studi Deskriptif Tentang Latar Belakang Keluarga Mengembangkan Perilaku dan Preferensi Kesehatan di Sepanjang Kali Jagir, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nindiannis-21097-fiss37-k.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya pemukiman kumuh di sepanjang bantaran Kali Jagir sehingga mempengaruhi perilaku kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran. Penelitian ini memfokuskan perhatian pada persoalan kesehatan termasuk dalam persepsi sehat-sakit dan bagaimana pula preferensi kesehatan keluarga yang tinggal di pemukiman kumuh. Penelitian ini menggunakan beberapa teori untuk mendeskripsikan persepsi sehat-sakit. Teori tindakan Weber untuk menjelaskan keterkaitan persepsi sehat-sakit dengan pengembangan perilaku kesehatan berdasarkan tindakan rasional yang diambil warga yang tinggal di sekitar bantaran kali. Sedangkan teori pengambilan keputusan Suchman untuk pemeliharaan dan pelayanan kesehatan yang bersinggungan dengan pengembangan perilaku kesehatan sehari – harinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tipe kualitatif dan pendekatan deskriptif, dengan memilih lokasi di pemukiman kumuh sepanjang bantaran kali Jagir, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan pedoman guide interview (wawancara mendalam), dengan sampel 6 informan yang tinggal di pemukiman kumuh dan data sekunder; internet dan media cetak. Teknik analisa data yang dilakukan adalah penyortiran dan pengklasifikasian data untuk mengetahui karakteristik dan struktur sosial yang sesuai judul penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep sehat-sakit menurut masyarakat yang tinggal di pemukiman kumuh sepanjang bantaran Kali Jagir dalam persepsinya tentang sehat apabila fisik tidak merasa sakit dan tidak ada aktifitas sehari-hari yang terganggu, sedangkan persepsi sakit menurut masyarakat adalah perasaan sakit pada bagian tubuh tertentu yang mngganggu aktifitas sehari-hari. Persepsi tersebut berimbas pada tindakan perilaku kesehatan sehari-harinya sebagai tindakan rasional dengan memanfaatkan air kali dan penempatan bantaran kali. Latar belakang sosial, struktur sosial, dan ekonomi mempunyai peran penting dalam pemeliharaan kesehatan dan memilih pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 37/11 Nin p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PUBLIC HEALTH ; HEALTH BEHAVIOR
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD920-934 Rural and farm sanitary engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
NINDI ANNISA. K, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 05:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item