PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA OPERASIONAL DI PDAM SURABAYA

AYU NUR ISTIGHFARINA, 040811537 (2013) PENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA OPERASIONAL DI PDAM SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-istighfari-22262-4.abstr-k.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini kualitas merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan.. Salah satu konsep menarik tentang kualitas yang bisa digunakan oleh perusahaan adalah Total Quality Management (TQM). Secara sederhana, TQM bisa diartikan sebagai konsep kualitas yang tidak hanya memperhatikan kualitas output (produk maupun jasa), tetapi juga memperhatikan kualitas sumber daya manusia serta segala sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. TQM dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki kualitasnya secara terus-menerus. Dalam TQM tidak hanya pihak manajemen yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, tetapi juga peran secara aktif seluruh anggota dalam organisasi untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa yang dihasilkannya. TQM juga bermanfaat untuk mengetahui kinerja operasional perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner kepada 130 responden dalam satu perusahaan. Penelitian ini menggunakan enam variabel dari TQM yaitu leadership dengan dua indikator, strategic planning dengan dua indikator, customer focus dengan dua indikator, information and analysis dengan dua indikator, people management dengan dua indikator dan process management dengan tiga indikator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi konsep TQM pada perusahaan air minum di Surabaya terhadap kinerja operasional. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara variabel leadership, strategic planning, dan customer focus terhadap kinerja operasional. Sedangkan pada variabel information and analysis, people management, dan process management menunjukkan adanya pengaruh terhadap variabel kinerja operasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.293/12 Ist p
Uncontrolled Keywords: TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
AYU NUR ISTIGHFARINA, 040811537UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndrianawati Usman, Dr. Hj., SE.,M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 10 Jan 2013 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1686
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item