STRATEGI ADAPTASI DAN PERSAINGAN MIKROLET Studi Deskriptif Mengenai Strategi Adaptasi dan Persaingan Sopir Mikrolet di Kota Surabaya

M AINUL FIKRI (2010) STRATEGI ADAPTASI DAN PERSAINGAN MIKROLET Studi Deskriptif Mengenai Strategi Adaptasi dan Persaingan Sopir Mikrolet di Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fikrimainu-21102-fiss40-k.pdf

Download (334kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pergeseran masyarakat perkotaan Surabaya dalam menggunakan sarana transportasi guna melakukan mobilitas sosialnya. Seiring dengan perkembangan teknologi khususnya di bidang transportasi, penggunaan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap eksistensi mikrolet sebagai transportasi publik di Kota Surabaya. Kondisi mikrolet yang secara kualitas dan kuantitas tidak bisa bersaing dengan kendaraan pribadi tersebut berdampak pada semakin sulitnya sopir mikrolet dalam mendapatkan penumpang. Merujuk pada latar belakang tersebut maka penelitian ini menghasilkan dua fokus penelitian yang dilakukan yang pertama adalah bagaimana strategi adaptasi para sopir untuk menjaga eksistensi mikrolet sebagai transportasi publik seiring dengan peningkatan sepeda motor di Kota Surabaya dan yang kedua hádala bagaimana persaingan yang terjadi di antara sopir mikrolet tersebut dalam mendapatkan penumpang. Peneliti berharap dari penelitian ini memperoleh manfaat dan tujuan yang berguna bagi pembaca terutama mengenai masalah transportasi kota di Surabaya. Penelitian ini juga diharapkan dapat membantu memberikan solusi untuk pemecahan masalah tersebut. Teori yang digunakan adalah teori Pilihan Rasional James Coleman. Pada penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan prosedur penelitian kualitatif. Sementara untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan bantuan data sekunder seperti internet dan media cetak. Metode pemilihan informan menggunakan metode purposive. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah individu-individu yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan isu dan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi adaptasi sopir mikrolet agar tetap eksis mendapatkan penumpang adalah meningkatkan etos kerja, penambahan jam operasional kerja, lebih menekankan pada efisiensi dan efektifitas kerja serta peningkatan pelayanan mutu/kualitas mikrolet. Dampak yang terjadi dari strategi adaptasi tersebut adalah terjadinya persaingan yang semakin tinggi antar sopor mikrolet dalam memperebutkan penumpang yang semakin sulit didapatkan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 40/11 Fik s (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: ADAPTATION STRAGIES ; COMPETITION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M AINUL FIKRIUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSudarso, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item