BLACKBERRY PADA MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi Kualitatif Tentang Pemaknaan Blackberry di Kota_Surabaya)

ANDIKA KRISTIANTIYONO, - (2011) BLACKBERRY PADA MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi Kualitatif Tentang Pemaknaan Blackberry di Kota_Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kristianti-21106-fiss41-k.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena blackberry yang sedang ramai ditengah masyarakat perkotaan, khususnya di Surabaya. Blackberry yang seharusnya menjadi alat komunikasi seperti ponsel lainnya kini telah mengalami perubahan makna dari pemakaiannya. Blackberry sebenarnya adalah sebuah smartphone yang dipasarkan untuk orang yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi, seperti seorang pekerja kantoran dan semacamnya. Akan tetapi dalam penggunaannya blackberry banyak sekali dipakai oleh semua kalangan. Blackberry seakan mempunyai daya pikat untuk semua orang agar memakainya Dari sinilah peneliti ingin mencoba mengetahui tentang makna penggunaan blackberry di Surabaya. Dari latarbelakang tersebut peneliti mengemukakan dua fokus penelitian. Yaitu bagaimana pola interaksi yang terjadi diantara pengguna blackberry dan bagaimana makna penggunaan blackberry bagi penggunanya. Peneliti berharap dari penelitian ini memperoleh manfaat dan tujuan yang bisa digunakan dan bisa diaplikasikan pada kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini juga diharapkan mampu menjadi bahan diskusi dan dapat menelaah fenomena sosial blackberry secara benar dan bijaksana. Pada penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan Teori dari Herbert Blumer mengenai self indication. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan bantuan data sekunder seperti internet, dan jurnal-jurnal media cetak. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah individuindividu yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan isu dan judul penelitian Hasil dari penelitian ini dapat menunjukan bahwa proses interaksi sangat mempengaruhi informan dalam menetukan pemaknaan terhadap blackberry. Pemaknaan yang terjadi di setiap informan berbeda-beda. Mulai dari kebutuhan, gaya hidup, dan prestige. Pemaknaan blackberry tidak hanya bersifat normative yaitu kebutuhan. Akan tetapi blackberry sudah menjadi sesuatu gaya hidup dan prestige.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. S. 41/11 Kris b (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
ANDIKA KRISTIANTIYONO, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSudarso, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16864
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item